Senin, 07 September 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 07 September 2015


GADO-GADO
Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Ilmuwan Psikologi, Kandidat Psikolog Industri)


Edisi : Senin, 7 September 2015

* * * * *

TOKOH IDOLA. Siapa tokoh idola Anda ? Atau, apakah Anda sudah punya tokoh idola ?

"Lha kenapa kamu bertanya tentang tokoh idola orang lain ?" tanya Slontrot.

"Karena tokoh idola seseorang itu bisa menggambarkan dia itu seperti apa," jawab saya.

"Maksud kamu ?" tanya Slontrot lagi.

"Kalau kamu punya tokoh idola orang yang baik hati dan penuh kasih saya, ya kamu itu seperti itu....setidaknya ingin atau berproses menjadi seperti tokoh idola itu," kata saya.

Slontrot mengangguk-anggukkan kepala. 

* * * * *

Dalam meniti karir pekerjaan, diperlukan juga adanya tokoh idola. Tokoh idola ini akan memberikan inspirasi bahkan petunjuk tentang bagaimana supaya menjadi sukses seperti dia. Lewat apa ? Lewat buku biografi atau otobiografi tentang tokoh idola itu !

Sejak saya masih SMP, tokoh idola saya adalah Arswendo Atmowiloto (penulis), Y.B. Mangunwijoyo (arsitek, penulis, rohaniwan), dan Dick Hartoko (penulis, rohaniwan). Saya membaca buku-buku / tulisan karya mereka, juga biografi / autobiografi mereka sehingga tahu bagaimana kehidupan mereka dan bagaimana perjuangan mereka. Itu sebabnya, saya sekarang hidup dan bekerja di bidang yang tidak jauh-jauh amat dari tulis-menulis.

Tentu saja, memilih tokoh idola harus sejalan dengan cita-cita di masa depan.

"Bagaimana kalau seorang mahasiswa jurusan Perikanan misalnya, tetapi ternyata memiliki tokoh-tokoh idola justru yang terkenal sebagai penulis ?" tanya Slontrot.

"Ha.....ha.....ha.....," saya tertawa terbahak-bahak. "Itu adalah saya ! Saya menyelesaikan pendidikan sebagai Insinyur Perikanan dari Undip, jauh sebelum saya akhirnya kuliah lagi dalam bidang Psikologi Industri. Ya boleh-boleh saja, 'kan ? Tetapi ya nantinya kalau kerjanya di bidang seperti saya ini, ya jangan heran....."



-----oOo-----
Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar