Selasa, 15 September 2015

APAKAH SEBAGAI PENULIS, KAMU TERMASUK "MOODY"

Tips Penulis
 Bersama : Tien Este
Tentang Penulis :

  • Tien Este adalah nama samaran dari Constantinus Johanna Joseph sejak 1983
  • Menulis di surat kabar, tabloid, majalah sejak 1989 (Suara Merdeka, Wawasan, Psikologi Plus, Job Indonesia, Peluang, dan lain-lain)
  • Penulis blog inspirasi pendidikan kreatif "www.holiparent.blogspot.com" sejak 2012
  • Ilmuwan Psikologi - Anggota Himpunan Psikologi Indonesia
  • Magister di bidang manajemen marketing & manajemen SDM
  • Menulis di blog dengan kata kunci "Gado-Gado" (Pak Tinus), "Celotah & Celoteh" (Tanpa Nama), Paimin3000, dan masih banyak lagi





Apakah sebagai penulis, kamu termasuk "moody" (kadang merasa bersemangat menulis, kadang sebaliknya) ?


Tidak. Saya seorang penulis yang "ajeg" alias "tidak moody". 


Bagaimana bisa ? Bukankah menjadi penulis itu termasuk seniman, dan seniman biasanya "moody", tidak seperti pekerja kantoran yang rutin dan berdisiplin ?

Itu yang perlu saya luruskan. Ukuran ke-seniman-an itu dilihat dari karya seni yang dihasilkan, bukan "moody" tidaknya seseorang. Ketika masih SMA, saya ikut pelajaran ekstra kurikuler "Kelas Teater" dan kegiatan hobi "Teater Apiloco" di sekolah saya (SMA Kolese Loyola). Guru saya namanya Kak Victor Roesdianto. Beliau seorang seniman teater di Semarang dan penyiar di Radio Republik Indonesia Semarang. Orangnya sangat disiplin dan tegas. Beliau berpesan, menjadi seniman bukan berarti menjadi tidak disiplin. Itu saya jalankan sampai sekarang. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar