Selasa, 29 September 2015

Berapa Lama Kamu Menyimpan Tulisan, Sebelum Akhirnya Kamu Kirim ke Redaksi



Tips Penulis
 Bersama : Tien Este
Tentang Penulis :

  • Tien Este adalah nama samaran dari Constantinus Johanna Joseph sejak 1983
  • Menulis di surat kabar, tabloid, majalah sejak 1989 (Suara Merdeka, Wawasan, Psikologi Plus, Job Indonesia, Peluang, dan lain-lain)
  • Penulis blog inspirasi pendidikan kreatif "www.holiparent.blogspot.com" sejak 2012
  • Ilmuwan Psikologi - Anggota Himpunan Psikologi Indonesia
  • Magister di bidang manajemen marketing & manajemen SDM
  • Menulis di blog dengan kata kunci "Gado-Gado" (Pak Tinus), "Celotah & Celoteh" (Tanpa Nama), Paimin3000, dan masih banyak lagi




 
TANYA : Berapa lama kamu menyimpan tulisan, sebelum akhirnya kamu kirim ke redkasi ?

JAWAB : Tidak tentu. Ada yang pagi sampai siang saya tulis sampai selesai, sorenya saya antar ke redaksi, keesokan paginya dibaca redaksi, keesokan laginya sudah dimuat di surat kabar. Ada juga yang baru selesai saya tulis setelah berbulan-bulan, kemudian saya simpan bertahun-tahun, dan sampai sekarang belum juga saya kirim ke redaksi.

TANYA : Kenapa bisa begitu ?

JAWAB : Ada banyak faktor. Salah satunya adalah karena saya tidak mantap dengan tulisan yang saya simpan dan sampai sekarang menurut saya tidak jelas apakah bermanfaat untuk banyak orang atau tidak. Faktor lainnya adalah karena saya masih mempunyai tulisan-tulisan lain yang menurut saya lebih jelas manfaatnya buat banyak orang, sehingga bisa saya kirim.

-----oOo-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar