Kamis, 17 September 2015

ON FIRE




“ Coba tebak, hari apa biasanya orang-orang berada dalam suasana hati yang penuh semangat? Atau dalam bahasa kerennya on fire ? “  Pertanyaan ini dikemukakan oleh Dosen Mata Kuliah Linguistik Jepang saya. Sebagian besar teman-teman sekelas dan termasuk saya menjawab dengan lantang : Jumat. Namun ternyata jawaban itu kurang tepat. Berikut penjelasan beliau selengkapnya.
Menurut hasil penelitian salah seorang ilmuwan Jepang, bahwa orang-orang merasa dirinya on fire  adalah pada hari Rabu dan Kamis. Ibarat kata mesin mobil yang harus dipanasi terlebih dahulu sebelum dia bisa mencapai kecepatan tertinggi, begitu juga dengan otak kita. Hari Senin pasti semua orang merasakan semangat yang jauh berada di bawah ambang batas hingga tercetus istilah I hate Monday. Sebenarnya kasihan juga hari Senin ini, selalu menjadi “kambing hitam” dari rasa semangat yang enggan muncul dalam diri kita. Hari Selasa, kita mulai terbiasa kembali ke rutinitas kita. Nah, ketika hari Rabu dan Kamis inilah kita benar-benar berada di “puncak”. Otak kita yang sudah bisa menyelesaikan segala rangsangan yang masuk, mengolahnya menjadi respon dan mengirimkan perintah kepada organ tubuh kita. Jumat, Sabtu dan Minggu merupakan “antiklimaks” dari segala aktivitas rutin kita.
                Terlepas dari penjelasan di atas, seharusnya kita bisa menguasai diri kita agar setiap hari, sepanjang waktu kita tetap on fire. Lihatlah ke bawah untuk bersyukur, lihatlah ke samping untuk introspeksi dan lihatlah ke atas untuk  terus berusaha. Yesterday was a history, today is a present and tomorrow is a mystery. Jadi, tidak ada alasan untuk kita menyia-nyiakan waktu yang kita miliki.
Salam sukses untuk kita semua.  

-  Pramita Dwi A
Jurnalis Website Contact - BPR Artha Mukti Santosa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar