Sabtu, 26 September 2015

TIPS MENGATASI RASA NGANTUK SAAT BEKERJA




Menjelang siang hari sekitar pukul 11- 12 siang rasa ngantuk biasa melanda para pekerja yang ada di kantor ataupun di luar kantor.  Mungkin semalam ada yang kurang tidur atau begadang atau ada kegiatan sampai larut malam. Karena wajarnya setiap orang itu tidur selama 8 jam. Apabila kurang dari 8 jam pasti akan merasa mengantuk. Masing – masing pribadi berbeda cara mengatasinya. Ada yang minum kopi, ada yang cuci muka, atau dengan makan makanan ringan. Nah, ini ada sedikit tips yang saya kutip dari internet :

1.      Dengan Minum Air Putih
Cara mengatasi kantuk yang satu ini memang cukup ampuh. Kekurangan air putih dapat menyebabkan tingkat konsentrasi menurun, akibatnya pandangan menjadi kacau dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi itulah yang menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya rasa kantuk dan juga lelah pada tubuh. Oleh sebab itu minum air putih menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi rasa kantuk, ketika Anda sedang berada di kantor. Minum air putih yang baik adalah minimal 8 gelas sehari.

2.      Mengambil Nafas Dalam
Dengan mengambil nafas dalam-dalam akan memberikan asupan oksigen ke dalam tubuh secara optimal. Dengan bernafas dalam-dalam maka ototmatis pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat Anda lebih fokus dalam bekerja dan menghindarkan rasa kantuk yang timbul. 

3.      Minum Teh
Banyak orang mengatasi rasa kantuk dengan mengandalkan minum kopi. Hal tersebut memang benar adanya dengan minum kopi rasa kantuk dapat teratasi. Namun pastikan jangan terlalu sering minum kopi, Anda dapat memvariasinya dengan minum teh herbal. Pada umumnya minum kopi atau teh yang baik dalam sehari adalah 2 sampai 3 gelas dalam sehari. Kelebihan dari teh herbal adalah mampu memberikan efek lebih ringan dibandingkan dengan minum kopi.

4.      Menghindari Begadang
Begadang merupakan kegiatan yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Dengan begadang biasanya akan mengurangi waktu tidur di malam hari. Hal ini tentu dapat menyebabkan waktu tidur berkurang, akibatnya dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebih di pagi harinya. Nah bagi Anda yang sering begadang di malam hari, tentu akan mengantuk ketika bekerja. Untuk mengatasinya usahakan untuk tidak begadang sampai larut malam, dan menghindari minum kopi menjelang tidur.

5.      Mendengarkan Musik dan Menurunkan Suhu
Yang satu ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang timbul saat bekerja. Mendengarkan musik menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Jika dengan mendengarkan musik dapat mengatasi rasa kantuk Anda, maka lakukanlah langkah tersebut. Namun yang perlu diingat tetap menyelesaikan pekerjaan Anda. Selain mendengarkan musik, menurunkan suhu AC yang paling dingin. Karena dengan kedinginan biasanya rasa kantuk akan sendirinya menghilang akibat tubuh menggigil.

Sedikit tips buat teman-teman semua. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan langsung. Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar