Jumat, 18 September 2015

SATE TEMPE


         Bicara tentang tempe memang tidak ada habisnya, di apain aja enak deh dan bergizi lagi.. Kemarin malam saya mencoba kuliner di sebuah tempat makan lesehat di terminal Condong Catur Yogyakarta. Saya mencoba sate tempe yang menurut saya agak unik. Setelah saya rasakan, hanya terasa kecap manis dan tidak meresap bumbunya. Akhirnya saya mencoba resep ala ala gue..
Bahan-bahan
400 gram tempe, dipotong dadu
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
25 buah tusuk satai
4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu :
7 buah cabe merah keriting
4 buah cabe rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
2 cm kunyit
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum
  2. Masukkan tempe. Aduk rata. Tuang santan. Aduk  hingga santan mengering dan bumbu meresap. Angkat.
  3. Tusukkan tempe dengan tusukan sate. Bakar di atas bara api hingga harum dan kecokelatan. Angkat dan sajikan.
Tidak hanya bisa di coba di sate tempe, sate tahu juga bisa lho... Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar