Jumat, 09 Oktober 2015

Yuks Diskusi…….




 
Diskusi merupakan kegiatan yang wajar dilakukan seseorang dalam memecahkan suatu masalah.  Diskusi melibatakan keterampilan berbicara, dalam ragam budaya masyarakat Indonesia bisa terwujud dalam berbagai bentuk, di antara rutinitas kegiatan berbicara dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kegiatan obrolan bercirikan antara lain:
1.      dilakukan tanpa tujuan yang pasti, sebab pada umumnya dilakukan untuk menambah keakraban,   memperluas pergaulan, atau bahkan hanya untuk mengisi waktu luang.
2.      dapat dilakukan di mana pun, dalam situasi bagaimanapun.
3.      bisa dilaksanakan kapan pun, dalam batas waktu tak tertentu.
4.      dapat dilakukan oleh siapa pun dengan siapa saja, tanpa klasifikasi dan kesamaan arah
5.      tidak memerlukan sarana dan fasilitas.
    
Salah satu jenis dari keterampilan berbicara adalah diskusi. Diskusi  merupakan kegiatan berbicara bersama yang dilakukan dengan  tujuan untuk mencari kebenaran (ilmiah). Diskusi dilakukan dalam situasi resmi di tempat yang formal, meski kadang diskusi nonformal bisa dilakukan di tempat tak formal. Diskusi dilakukan oleh kalangan yang mencari kebenaran atau meningkatkan kualitas kebenaran. Diskusi dilaksanakan dalam kelola waktu yang terprogram secara proporsional. Diskusi memerlukan  sarana dan peralatan sesuai dengan tingkat dan kualitas diskusi.

Diskusi sering kita temui dalam berbagai kesempatan. Seperti yang biasa kita lihat seperti gambar dibawah ini. Digambar memperlihat beberapa orang sedang berdiskusi dalam suasana  yang santai dan penuh  canda tawa. Tapi disisi lain kita juga bisa melihat diskusi yang dilakukan dalam forum yang formal.

    
Adit n Nova – BPR Restu Mranggen Makmur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar