Senin, 26 Oktober 2015

MANFAAT TIDUR CUKUP





Tidur merupakan aktifitas alamiah dari kehidupan kita, disamping makan dan mendapatkan rileks atau istirahat. Tidur akan membuat Anda merasa lebih baik, tak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati, atau mencegah lingkaran hitam dibawah mata. Orang dewasa sehat membutuhkan waktu tidur ideal antara 7- 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran beristirahat. Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas dimalam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Karena begitu pentingya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.
Berikut adalah beberapa manfaat tidur malam yang baik bagi kesehatan dan kesehatan :
  1. Meningkatkan memori
  2. Kesempatan hidup lebih lama
  3. Mencegah peradangan
  4. Memacu kreatifitas
  5. Menjadi Juara olahraga
  6. Meningkatkan nilai akademis
  7. Mencegah hiperaktif pada anak-anak
  8. Memiliki berat badan yang sehat
  9. Lebih rendah stres
  10. Menghindari kecelakaan
Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Tidur malam yang berkualitas benar-benar bisa membantu orang yang depresi dan mengurangi kecemasannya. Anda akan mendapatkan lebih banyak stabilitas emosional jika mendapatkan tidur yang baik.
Tidur yang baik harus didapatkan setiap hari. Tidak bisa, jika waktu kurang tidur sebelumnya dikumpulkan dan digabungkan menjadi satu dengan tidur seharian pada hari minggu. Semuanya butuh keseimbangan.
Karena begitu pentingnya manfaat tidur bagi kesejahteraan hidup secara keseluruhan, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa memicu kesulitan tidur . Hindari kafeion sesaat menjelang tidur, dan pastikan tempat tidur Anda gelap dan nyaman, atau hindari film menakutkan sebelum tidur.

Anasthasya Putri - RKM

Sumber : http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar