Senin, 19 Oktober 2015

Si Kenyal banyak Manfaat




Tahukah kita kalo ternyata si kenyal kolang – kaling memiliki banyak manfaat?  Ketika siang tadi saya jajan es buah dengan kolang – kaling saya jadi penasaran apa saja sih manfaat buah kolang – kaling selain karena rasanya yang kenyal dan enak? Buah kolang – kaling sering juga disebut buah atap. Buah atap atau kolang – kaling mengandung kadar air sampai 93,8 % untuk setiap 100 gramnya. Kemudian juga mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, serat kasar 0,95 gram dan juga protein 0,69 gram. Ditambah lagi kandungan gelatin dan vitamin A, vitamin B, serta vitamin C nya yang bermanfaat bagi tubuh.

Kolang – kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan bisa digunakan untuk memperkuat tulang. Pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Mengkonsumsi kolang – kaling lebih aman daripada mengkonsumsi susu untuk memperbuat tulang. Karena susu mengandung kalori yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan. Kegemukan atau kelebihan berat badan juga akan membuat sendi terasa sakit karena tulang merasa keberatan dalam menyangga tubuh.
Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kolang kaling juga mengandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga dapat membantu para wanita yang ingin diet dan dapat menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh. Terakhir kolang – kaling mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9 % yang mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itu akan bisa mengurangi rasa sakit saat radang sendi.

Tidak disangka dari buah yang kecil terdapat banyak manfaat yang bisa kita peroleh darinya. Selain mencampurkan kolang kaling ke dalam minuman kita juga bisa membuat kolang – kaling menjadi manisan yang bisa kita konsumsi setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar