Selasa, 13 Oktober 2015

Manfaat Menabung Dari Usia Dini






Ketika melihat celengan tanah liat berbantuk jago kita jadi teringat masa kecil saat gemar menabung. Namun Sekarang jarang kita jumpai anak-anak yang gemar menabung. Hal ini sangat disayangkan karena menabung sejak dini sangat banyak manfaatnya untuk anak-anak. Manfaat menabung bagi anak yaitu anak bisa belajar mengelola keuangan secara pribadi. Anak bisa menentukan sendiri seberapa besar uang jajan pemberian orang tua yang akan ditabung dan berapa besar uang yang akan dijajakan.  Selain itu dengan menabung anak akan memiliki perencanaan keuangan yang baik. Setelah uang yang ditabung terkumpul akan digunakan untuk apa nantinya uang tersebut. Ini juga mengajarkan anak bahwa jika ingin memiliki atau membeli sesuatu harus ada pengorbanan untuk mendapatkannya, tidak bisa didapatkan secara instan atau cepat.
Mafaat lainnya dari gemar menabung adalah anak akan lebih menghargai uang. Menabung akan memberikan kesadaran kepada anak bahwa uang yang kecil jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Dan untuk mengumpulkan uang menjadi banyak memerlukan waktu yang lama, jadi anak akan belajar menghargai uang dan berhati-hati dalam menjajakan uangnya. Belajar menabung membuat anak belajar disiplin. Untuk dapat menabung dengan konsisten diperlukan kedisiplinan menyisihkan uang secaa teratur. Dan manfaat terakhir dari menabung  adalah membuat anak merasa bangga dan percaya diri.Ketika uang yang ditabung sudah terkumpul banyak anak akan merasa senang dan ia akan merasa bangga karena bisa membeli sesuatu dengan uangnya sendiri.
Oleh karena itu orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk rajin menabung sejak usia dini. Beberapa cara yang dapat diterapkan orang tua antara lain dengan membelikan celengan dengan bentuk yang disukai anak sehingga anak dapat  belajar menabung di rumah. Selain itu orang tua juga harus memberikan contoh kepada anak, bisa dengan menabung di bank atau bank perkreditan rakyat. Orang tua juga bisa membuatkan tabungan anak di bank, ketika celengan anak di rumah sudah terkumpul banyak maka dapat ditabung di bank agar lebih aman.


- Isniati Diah Utami
Jurnalis Website Contact - PT BPR Restu Artha Abadi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar