Selasa, 13 Oktober 2015

Malam 1 Suro dalam Perspektif Gen-Y: “Kearifan Lokal yang harus Terus Dijaga Kelestariannya”



Pojok CS-KS
Cerita Santai, Karir, dan Seleksi " bersama Kang Franes





Satu Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Sura atau Suro di mana bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender hijriyah, karena Kalender jawa yang diterbitkan Sultan Agung mengacu penanggalan Hijriyah (Islam). Satu suro biasanya diperingati pada malam hari setelah magrib pada hari sebelum tangal satu biasanya disebut malam satu suro, hal ini karena pergantian hari Jawa dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam.  Satu Suro dianggap keramat karena  dianggap sebagai saat dimulainya adanya kehidupan baru. Umat manusia dari lubuk hati terdalam menyembah dan  menghormati dzat yang maha kuasa.

Selain masyarakat Jawa Tengah,  masyarakat di Jawa Barat juga memperingati malam 1 Suro dengan sangat sakral.   Dimulai dengan mempersiapkan diri, tempat ibadah, dan sesaji untuk syukuran.  Masyarakat Sunda juga sangat menjungjung tinggi nilai yang terkandung dalam ritual tersebut.

Bagi penulis, Malam 1 Suro adalah malam yang sama dengan malam lainnya...  namun demikian, hal tersebut tidak membuat penulis meninggalkan kebiasaan yang sudah turun temurun diwarisinya.  Hal tersebut dikarenakan banyak makna yang baik yang terkandung dalam semua ritual malam 1 Suro yang sudah sangat jarang ditemui di era Tweeter dan Facebook saat ini.

Bagi penulis, malam satu suro adalah waktu yang tepat untuk memaknai diri, memaknai sebuah pencapaian spiritual, dan saat yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru yang lebih bijaksana... sehingga nanti malam, saya cukup di rumah saja....

Mungkin nanti malam kita akan mendapati beberapa pemandian dipenuhi oleh anak muda, tetapi bukan untuk bertafakur, melainkan sedang asik berfoto selfi dan update status “Lagi Malam 1 Suro-nan”.  Namun, apakah itu makna dari Malam 1 Suro bagi Generasi sekarang???

Semoga ditahun baru nanti, kita semua diberikan kebijaksanaan dalam mengelola segala yang dianugerahkan yang maha satu, kepada kita semua.....



-----oOo-----


Penulis: 
Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si
Kang Franes memulai karirnya sebagai Praktisi Human Resources sejak 2011. 
Anggota  Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar