Senin, 26 Oktober 2015

PAWAI BUDAYA SUMPAH PEMUDA




Cuaca panas di siang bolong kemarin ditengah perjalanan saya saat menuju ke penjahit langgananku, tidak sengaja bertemu dengan rombongan pawai di daerah Banyumeneng Gamping. Tidak sempet wawancara dengan pengurus acara tersebut yang saya tahu hanya dari penjahit langganan saya yang juga menonton pawai tersebut. Katanya, “ Acarane dalam rangka Sumpah Pemuda mbak”, sahut ibu Bekti sambil menggendong anak keduanya. 




Yang saya kagumi adalah pawai tersebut bahwa di jaman sekarang yang sudah modern warga masyarakat di Banyumeneng memaknai Sumpah Pemuda dengan budaya lokalnya misalnya adanya Gunungan yang berisi sayuran, buah dan hasil panen, kemudian ogoh-ogoh yang di arak dan kesenian tradisonal lainnya. Sesaat melongo ketika mereka lewat di depan mata saya. Salut dan kagum. Luar biasa. 

Journalis Website Contact Margareta Novita Sari Dewi
PT. BPR Arta Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar