Sabtu, 10 Oktober 2015

MAKANAN PEMICU KANTUK





Selamat Pagi J. Wah hari ini bangunnya agak kesiangan sepertinya, alhasil saya tidak sempat sarapan dirumah. Mau gak mau dengan sangat terpaksa saya membawa bekal yang tidak terlalu berat untuk sarapa pagi. Sesampai kantor langsung saja saya menyantap dua buah pisang yang saya bawa ditemani air lemon hangat. Yah.. lumayan lah membuat perut kenyang.
Hari sih belum terlalu siang, jam masih menunjukkan pukul 10.00, ups tapi kok baru jam segini saya sudah beberapa kali menguap ya?? Ada apakah gerangan?? Wah, usut punya usut, tahuka anda? Ternyata mengantuk juga dapat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi lho. Oleh sebab itu, sebelum beraktivitas ada baiknya jika Anda memperhatikan betul makanan dan minuman yang kita konsumsi agar tidak memberikan efek yang negatif. Ternyata pisang merupakan salau satu dari beberapa menu yang menimbulakan kantuk. Lalu, kira – kira apa saja makanan yang bisa membuat kita mengantuk. Yuk tengok ke bawah ^_^

 

1. Pisang

Salah satu makanan yang dapat membuat Anda mengantuk adalah pisang. Ya, pisang memang memiliki manfaat yang positif untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Namun di sisi lain, makanan yang satu ini juga dapat memberikan dampak negatif bagi Anda, yakni membuat Anda mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan pisang mengandung magnesium dan potassium yang membantu merileksasikan otot tubuh. Bukan hanya itu, pisang juga mengandung sebuah senyawa kimia bernama tripofan yang dapat bereaksi menjadi serotonin dan melatonin yang membuat otak merasa jauh lebih tenang dan mudah mengantuk. Oleh sebab itu, saat Anda memiliki segudang aktivitas, maka ada baiknya jika Anda menghindari konsumsi pisang.

2. Kacang Almond

Bukan hanya pisang, Anda pun juga harus memperhatikan betul konsumsi kacang almond sebelum menjalani segudang rutinitas harian. Sebab, kacang yang kerap dicampurkan dalam olahan makanan dari coklat ini memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Kandungan magnesium tersebut dapat membantu merelaksasikan otot sehingga dapat membuat otak memberikan perintah kantuk. Bukan hanya itu, mengonsumsi kacang almond juga dapat meningkatkan rasa kantuk sendiri saat mengonsumsinya dan mematikan siklus adrenalin yang bekerja dalam tubuh.

3. Teh Hijau

Menikmati teh hijau di sela-sela kehidupan pasti dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Namun tahu kah Anda? Ternyata mengonsumsi teh hijau—terutama setelah makan siang—dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk. Sebab minuman yang mengandung theanine ini dapat mempercepat kinerja otak agar ia menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Efek rileksasi yang ditimbulkan tersebut dapat membuat Anda lebih cepat merasa mengantuk. Bukan hanya itu, mengonsumsi teh hijau juga dapat mengurangi kandungan zat besi pada makanan yang Anda makan sebelumnya.

4. Susu

Bukan hanya teh hijau, susu dan makanan olahannya (seperti keju dan yoghurt) ternyata juga dapat membantu mempercepat reaksi kantuk pada penikmatnya. Sebab, makanan dan minuman tersebut mengandung senyawa kimia bernama tripofan serta nutrisi yang tinggi yang dapat membantu mengurangi stres sehingga otak akan lebih merasa rileks sehingga membuat penikmatnya menjadi lebih cepat mengantuk.

5. Kedelai

Satu lagi makanan yang juga dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk. Makanan tersebut adalah kedelai. Kedelai dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk karena ia mengandung fitoestrogen yang dapat mengendalikan rasa gelisah. Tentunya, hal itu akan lebih merileksasikan pikiran para penikmatnya sehingga ia lebih mudah mengantuk.


Nha sudah tau kan sekarang macam makanan yang membuat kita menguap dan mengantuk. Maka dari itu mulai sekarang kita bisa mulai memilah – milah makanan mana yang bisa kita konsumsi pada waktu – waktu tertentu J.

_Anasthasya Putri – Restu Klepu Makmur_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar