Senin, 12 Oktober 2015

“Mens sana in corpore sano” Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat





Foto: Karyawan BPR Restu Artha Abadi saat bermain bulu tangkis.


Pasti kita pernah mendengar istilah mens sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitu pula dengan sebaliknya. Oleh karena itu untuk mendapatkan jiwa yang kuat kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara rajin berolahraga. Jiwa yang kuat akan membuat kita bekerja lebih optimal, semangat, dan terhindar dari stres akibat beban pekerjaan. Penelitian dari Universitas Tel Aviv dan Universitas Haifa terhadap 1.632 pekerja di Israelmenyebutkan bahwa pekerja yg kurang atau bahkan tak meluangkan waktu sama sekali buat olahraga mengalami tingkat depresi yg lebih tinggi.Hasil tersebut memperlihatkan bagaimana kondisi depresi akibat masalah pekerjaan dapat teralihkan lewat aktivitas tubuh saat berolahraga. Jika dibiarkan, masalah tersebut pastinya turut memicu menurunnya produktivitas dalam bekerja.
Manfaat lain dari olahraga bagi karyawan adalah mengobarkan semangat kompetisi dan pemikiran strategis yang terdapat dalam beberapa jenis olahraga permainan. Karyawan yang rutin berolahraga akan mampu berstrategi serta meningkatkan daya saingnya. Karyawan yang handal akan memberikan rasio kontribusi kepada profit perusahaan secara lebih tinggi.
Karyawan yang terbiasa dalam berolahraga jenis permainan akan terlatih untuk selalu berdisiplin meningkatkan kemampuannya, bersemangat dalam bekerjasama, dan tidak melakukan kecurangan (fair play). Hal ini akan mengurangi tingkat kriminalitas di dalam perusahaan seperti korupsi dan fraud yang bisa merugikan perusahaan.
Karyawan yang berolahraga bersama-sama akan mengembangkan network/jaringannya, membantu toleransi dan pemahaman sehingga mengurangi konflik di tempat kerja. Olahraga mengajarkan teamwork atau bekerja di dalam tim untuk meraih kesuksesan.
Karena banyaknya manfaat yang diperoleh dari berolahraga maka PT. BPR Restu Artha Abadi rutin mengadakan olahraga bulu tangkis bersama karyawan setiap hari rabu pukul 16.30 – 19.00 dan hari sabtu pukul 13.00 – 15.00 WIB. Selain dapat menjaga kesehatan juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan keakraban di dalam divisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar