Rabu, 28 Oktober 2015

Tips Penulis: Memakai Nama Pena


Tips Penulis
 Bersama : Tien Este
Tentang Penulis :

  • Tien Este adalah nama samaran dari Constantinus Johanna Joseph sejak 1983
  • Menulis di surat kabar, tabloid, majalah sejak 1989 (Suara Merdeka, Wawasan, Psikologi Plus, Job Indonesia, Peluang, dan lain-lain)
  • Penulis blog inspirasi pendidikan kreatif "www.holiparent.blogspot.com" sejak 2012
  • Ilmuwan Psikologi - Anggota Himpunan Psikologi Indonesia
  • Magister di bidang manajemen marketing & manajemen SDM
  • Menulis di blog dengan kata kunci "Gado-Gado" (Pak Tinus), "Celotah & Celoteh" (Tanpa Nama), Paimin3000, dan masih banyak lagi


TANYA : Kenapa ada penulis yang memakai nama pena alias nama samaran ?

JAWAB : Ada yang karena nama aslinya dirasa kurang pas kalau dipakai sebagai nama penulis. Mungkin saja karena nama aslinya terlalu panjang atau dia rasa kurang unik / kurang mudah diingat. Bisa juga karena ada penulis yang tidak mau dikenali identitas dirinya, supaya kehidupannya sehari-hari tidak terganggu karena dikerumuni para penggemar tulisannya.

TANYA : Kalau kamu sendiri, bagaimana ?

JAWAB : Nama Tien Este itu aku rasa lebih pas sebagai nama pena karena lebih mudah dibaca dan lebih mudah diingat, daripada nama resmi saya, yaitu Constantinus Stefanus. Ibu saya biasa memanggil saya : Tien. Este berasal dari "St." yang merupakan singkatan umum dari nama saya : Stefanus. 

TANYA : Jadi, Tien Este itu memang benar nama kamu dalam bentuk singkat, ya ?

JAWAB : Benar. Lebih mudah dibaca dan dihafalkan. Lebih unik saja, cocok sebagai nama pena (nama samaran).

-----oOo-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar