Senin, 19 Oktober 2015

MIGRAN ??



Sering migran dikantor? Setelah minum dingin kemudian kepala merasa pusing sebelah. Sering kali beberapa karyawan dikantor merasa gampang pusing sebelah atau migran.
Nah ini ada seikit cara mengatasi kepala pusing sebelah:

1.    Menjaga Kadar Gula Darah
Kadar Gula Darah yang terlalu rendah diketahui dapat memicu migrain. Hal ini disebabkan karena glukosa yang dilepaskan ke dalam aliran darah, menyebabkan tekanan darah meningkat. Menjaga kadar gula darah bisa dilakukan dengan cara makan teratur setiap 4 jam dan hindari tanpa makan selama 12 jam di waktu malam hari. Konsumsi makanan rendah gula seperti buah-buahan, sayuran, yogurt dan keju rendah lemak. Hindari konsumsi roti putih, kue kering, permen dan minuman manis.

2. Hindari Konsumsi Kafein terlalu banyak
Kafein menyebabkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi terlalu terbatas, dan memicu migrain.

3. Penyebab atau bahan tambahan pangan (BTP)
Monosodium glutamat (MSG), aspartam (pemanis buatan), Sulfit (ditemukan dalam anggur), tartrazine (pewarna kuning digunakan untuk warna minuman bersoda dan marzipan), dan natrium benzoat (ditemukan pada udang, margarin, minuman ringan dan permen), diketahui dapat memicu kambuhnya penyakit migran.
 
4. Mengunyah Jahe
Mengunyah jahe selama ini diketahui dapat meringankan masalah mual dan gangguan pencernaan yang sering menyertai gejala migrain. Jahe juga diketahui dapat memblokir efek dari prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak dan memicu migrain.

5. Meningkatkan kadar serotonim
Penelitian menemukan bahwa penderita migrain mempunyai tingkat serotonin yang rendah. Dan untuk meningkatkan kadar serotonin, bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti kalkun, ayam, telur, pisang, produk susu, kurma, nasi, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian.

6. Perbanyak minum
Perlu anda ketahui, bahwa jaringan di sekitar otak terdiri dari air, sehingga seseorang yang mengalami dehidrasi akan kehilangan cairan jaringan disekitar otak. Hal ini menyebabkan jaringan tersebut menyusut, iritasi dan nyeri. Agar terhindar dari dehidrasi, Minum antara 1 dan 2 liter air dalam satu hari

7. Konsumsi makanan tinggi magnesium
Tubuh yang cukup mengandung Magnesium akan mencukupkan aliran darah ke otak dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini akan menghindarkan seseorang dari kekambuhan dari penyakit migrain. Makanan yang banyak mengandung Magnesium, diantaranya adalah: sayuran hijau, kacang-kacangan, tomat, biji-bijian, kentang, gandum utuh, oat, kacang polong dan ektra khamir.



8. Yoga
Gerakan yoga tertentu diketahui dapat membuat seseorang lebih tenang. Hal ini mengurangi stres , rasa sakit dan nyeri. Yoga juga dapat melemaskan otot leher dan bahu sehingga mengurangi resiko gejala migrain.



Margareta Novita Sari Dewi
 Journalis Website Contact PT. BPR Arta Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar