Kamis, 22 Oktober 2015

CATATAN HARIAN





Saat ini teknologi yang semakin canggih menawarkan banyak kemudahan. Kecanggihan teknologi tersebut termasuk dalam kegiatan tulis – menulis. Dulu, pasti sangat populer menulis keseharian kita dalam sebuah diary. Ternyata ada beberapa manfaat bagi tubuh kita dari menulis catatan harian seperti disebutkan berikut ini :
1.       Tidur lebih nyenyak
Beberapa menit menuliskan perasaan dan pikiran yang terjadi hari bisa mengurangi kekhawatiran pada diri seseorang. The Institute of Health menyarankan untuk menuliskan segala sesuatu yang Anda ragukan dalam pikiran ke dalam tulisan. Ini membantu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.
2.       Kesehatan mental dan emosi terjaga
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Advances of Psychiatric Treatment, menuliskankan stres dan emosi yang sedang dilanda seseorang bisa memperbaiki kesehatan psikologisnya. Paling tidak merasa lebih baik dan depresi berkurang.
3.       Meningkatakan kesehatan fisik
Usai melakukan penelitian selama bertahun-tahun, peneliti dari Advances of Psychiatric Treatment menemukan manfaat luar biasa dari menulis diari, diantaranya:
- meningkatkan fungsi sistem imun tubuh
- mengurangi nyeri
- meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung
- tekanan darah jadi normal
4.       Membantu penyembuhan
Peneliti dari Selandia Baru mendapatkan fakta bahwa menulis catatan harian bisa membantu kesembuhan dari penyakit lebih cepat. Menulis bisa mengurangi tingkat hormon kortisol penyebab stres.

Sumber data : http://health.liputan6.com/read/2089576/4-manfaat-rutin-menulis-catatan-harian?

Sampai saat ini, saya pribadi lebih suka menulis dalam buku agenda secara manual. Catatan ditulis menggunakan tinta warna-warni cenderung dapat menarik perhatian sehingga mudah diingat. Bagaimana dengan Anda? Apapun gaya Anda baik secara manual atau menggunakan kecanggihan teknologi, alangkah baiknya untuk rutin mencatat kegiatan harian kita. Daya ingat yang semakin terbatas dari hari ke hari pastinya membuat kita kesulitan mengingat banyak hal. Jadi, tulislah apa yang akan dan telah Anda kerjakan. Semoga bermanfaat.

Pramita D. Ariyani
PT. BPR Artha Mukti Santosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar