Jumat, 16 Oktober 2015

Tips Mengatasi Rasa Malas dan Jenuh pada Rutinitas Kerja



Kita tentu pernah mengalami rasa bosan dan jenuh dengan rutinitas harian yang kita lakukan. Terkadang hal itu membuat semangat kerja di kantor menjadi berkurang. Akibatnya akan berpengaruh pada hasil dan kualitas dari pekerjaan yang kita lakukan. Rasa jenuh dengan rutinitas membuat kita malas sehingga pekerjaan akan semakin menumpuk dan tidak terselesaikan. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghindari rasa bosan dan jenuh dengan rutinitas yang kita?
Nah berikut ada beberapa tips untuk mengatasi rasa malas dan jenuh pada rutinitas kerja.

1.      Bagi tugas yang sedang dihadapi menjadi bagian-bagian kecil.
Misalnya ketika diberi tugas untuk mengerjakan laporan, kita bisa membagi pekerjaan itu dalam beberapa tahapan. Sehingga pekerjaan terlihat lebih sederhana dan ringan.
2.      Membuat skala prioritas.
Pilih pekerjaan mana dulu yang akan dikerjakan. Tentu kita dapat memilih pekerjaan yang lebih urgen dari pekerjaan lainnya.
3.      Mengubah suasana kerja
Kita bisa melakukan hal- hal kecil untuk mengubah suasana kerja agar tidak bosan, seperti mengatur ulang meja dan peralatan kantor serta memajang benda atau foto di atas meja yang bisa mengembalikan mood baik dan motivasi untuk bekerja.
4.      Menikmati pekerjaan
Dengan menikmati pekerjaan yang kita tekuni, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan.
5.      Menjalankan hobi atau kegiatan-kegiatan lain di luar rutinitas
Melakukan hobi atau kegiatan lain di sela-sela rutinitas seperti menonton film, kumpul bersama teman, atau jalan- jalan akan membuang rasa bosan dan kepenatan yang kita rasakan selama bekerja.
6.      Berolahraga setelah pulang dari kantor
Olahraga mampu menghilangkan stres dan penat karena bekerja. Selain itu berolahraga akan membuat badan kembali segar, dan menghilangkan rasa tertekan karena rutinitas kerja.
7.      Bersyukur dengan apa yang telah kita peroleh
Mensyukuri apa yang kita peroleh dari hasil pekerjaan kita selama ini akan membuat kita merasa senag dan kembali semangat bekerja. 

- Isniati Diah Utami
Jurnalis Website Contact - PT BPR Restu Artha Abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar