Kamis, 15 Oktober 2015

Manfaat kopi dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.





Pernahkan kita mengamati kebiasaan sepele yang dilakukan kebanyakan orang sebelum bekerja? Iya, minum secangkir kopi merupakan aktivitas yang biasa dilakukan sebelum berangkat kerja. Selain bisa membuat kita tetap terjaga ternyata minum kopi dipagi hari memiliki manfaat dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan kita. Sederhana memang, konsumsi secangkir kopi pahit di pagi hari dapat meningkatkan performa kerja otak hingga selang waktu beberapa jam ke depan. Kopi mengandung kafein yang dapat melejitkan kecepatan berpikir dan bertindak, meningkatkan kemampuan kognitif, serta meningkatkan daya ingat terutama untuk mereka yang sering kali kesulitan mengingat memori jangka pendek. Kopi pahit tanpa gula paling cocok diminum oleh mereka yang memiliki tingkat aktivitas tinggi seperti pekerja lapangan, atau mereka yang sering  kali membutuhkan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.
Lain halnya dengan kopi manis yang telah diberi gula. Kafein bersama dengan glukosa membuat kinerja kognitif (pikiran) dalam otak sedikit terhambat, namun glukosa tersebut justru mengaktifkan titik neurotransmitter tertentu pada otak dan membuat kinerjanya menjadi stabil. Otak akan bekerja lebih efisien dan tidak cepat lelah. Selain itu, kopi juga merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Konsumsi kopi manis paling cocok untuk mereka yang bekerja di kantor dan membutuhkan konsentrasi stabil hingga siang atau sore hari.
Meskipun kopi memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja namun jika berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Disarankan meminum kopi tidak boleh melebihi 50 miligram per satu kali minum. Jika konsumsi kafein tidak sesuai anjuran, maka dalam jangka panjang peminumnya dapat terkena resiko penyakit jantung koroner, darah tinggi, ginjal, hingga penyakit gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar