Senin, 12 Oktober 2015

Berita yang Sebenarnya Iklan





Tips Penulis
 Bersama : Tien Este
Tentang Penulis :

  • Tien Este adalah nama samaran dari Constantinus Johanna Joseph sejak 1983
  • Menulis di surat kabar, tabloid, majalah sejak 1989 (Suara Merdeka, Wawasan, Psikologi Plus, Job Indonesia, Peluang, dan lain-lain)
  • Penulis blog inspirasi pendidikan kreatif "www.holiparent.blogspot.com" sejak 2012
  • Ilmuwan Psikologi - Anggota Himpunan Psikologi Indonesia
  • Magister di bidang manajemen marketing & manajemen SDM
  • Menulis di blog dengan kata kunci "Gado-Gado" (Pak Tinus), "Celotah & Celoteh" (Tanpa Nama), Paimin3000, dan masih banyak lagi




TANYA : Bolehkan menulis berita yang sebenarnya iklan ?

JAWAB : Boleh saja. Tetapi supaya etis, pada bagian akhir berita dituliskan kata "advertorial".

TANYA : Sebenarnya apa sih keuntungan dan kerugian menulis "berita advertorial" ini ?

JAWAB : Keuntungannya, pembaca bisa mendapatkan informasi secara objektif, sebab "berita advertorial" tetap harus menjunjung tinggi objektivitas berita. Kerugiannya, pembaca tidak bisa mendapatkan informasi detail secara "to the point" seperti layaknya "iklan" yang detail dan "to the point", karena "berita advertorial" memang harus mengedepankan kandungan beritanya (misalnya : berita tentang pengundian hadiah tabungan arisan, maka harus banyak muatan tentang kegiatan pengundiannya, sedangkan detail informasi tentang produk tabungan arisan itu sendiri hanya ditulis sedikit saja).

-----oOo-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar