Kamis, 22 Oktober 2015

JANGAN ANGGAP SEPELE HAL KECIL




Pagi hari ini tiba – tiba saya teringat  pada kejadian 3 tahun yang lalu, dimana hal ini terjadi di saat saya masih duduk di bangku perkuliahan. Hal sepele memang, tapi ternyata hal ini membuat kekacauan yang lumayan fatal. Kejadian ini bermula pada saat saya dan rekan – rekan senat bermaksud mengadakan suatu seminar di kampus. Kebetulan saya kebagian jadi sie acara, 3 hari sebelum hari H  saya dapat kabar kalau pembicara mendadak tidak bisa hadir mengisi karena ada tugas mendadak. Saya langsung mengkoordinasikannya dengan seoarang teman yang menjadi ketua pelaksana. Teman saya terlihat sedang asik mengotak – atik gadgetnya, dan terjadi percakapan singkat yang cukup membuat saya  sediikit kesal.
Saya                : “ Mai, ini ada kabar pembicara seminarnya gak bisa datang karena ada
             acara mendadak. Terus sekarang mau diganti siapa?” ujarku dengan nada
 sedikit panik.
Teman             : “ …”. Tanpa berkata – kata , tetap sambil tetap mengotak atik HP nya.
Saya                : “ Mai…. Gimana nih??? Kita mau ganti sapa pembicaranya??” nadaku
 mulai agak meninggi karena melihatnya tanpa respon.
Teman             : Hanya menatap kearahku sebentar lalu balik lagi focus ke HP nya dan
  sibuk memainkan HP. Hanya sebuah kata yang keluar dari mulutnya..
  “OK”.
Saya dan beberapa teman yang melihat kejadian itu langsung saja meninggalkan ruangan meninggalkan teman sya itu sendiri yang masih tetap sibuk dengan HPnya.  Besoknya ketika saya bertanya kepadanya apakah kita dusah dapat pembicara, dia selalu bilang “ok” “itu gampang”. Well saya sudah menyampaikan kepada ketua pelaksanan, dan berharap akan segera ada tindak lanjutnya.
Akhirnya sampailah pada hari H, tepatnya acara Seminar yang kami adakan di kampus hari itu. Ketika sampai kampus saya melihat muka teman saya (Ketua Pelaksana) terlihat begitu kebingungan dan hampir menangis. Ketika saya bertanya kepada salah satu rekan saya, kenapa? Ada apa? Ternyata belum ada pembicara dalam seminar hari itu. Sontak saya sangat kaget mendengarnya, padahal 3 hari yang lalu saya sudah menyampaikan kabar itu kepadanya. Akhirnya seminar yang harusnya sukses jika kita bisa mencari pembicara pengganti, ternyata gagal total.
Dari cerita tersebut kita bisa mengambil banyak hikmah dan kesimpulan. Jangan pernah kita anggap sepele hal ini “mendengarkan”, ketika orang lain memberikan informasi kepada kita, dengarkan dengan seksama dan berikan respon yang baik agar tidak terjadi hal yang tidak diingankan nantinya. Mendengarkan orang lain itu penting, hal itu bisa membuat orang lain memberikan penilaian kepada kita. Mari perbaiiki diri kita agar bisa jadi lebih baik ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar