Selasa, 27 Oktober 2015

Ada Abdi Dalem CILIK di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat





 
Gambar: Journalis Website Contact  PT. BPR Arta Yogyakarta - Sdri. Margareta Novita Sari Dewi sedang Berpose Bersama Abdi Dalem Cilik Dek  Rizky Kuncoro Manik
 (Foto dokumentasi pribadi - Sdri. Margareta Novita Sari Dewi)






Berbicara tentang abdi dalem. Yang kita tahu adalah seorang bapak-bapak yang sudah sepuh. Berbeda dengan abdi dalem yang ada di Kraton Yogyakarta ini.  Dialah Rizky Kuncoro Manik, bocah kecil satu-satunya abdi dalem termuda warga Janturan UH 4/ 493 F, RT 18, RW 04, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta yang memiliki keinginan menjadi seorang Abdi dalem  Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Hari Minggu, 25 Oktober 2015 tepat jam 12 siang saya sampai ke Kraton dan tidak sengaja saya bertemu dengan Rizky di Bangsal Sri Manganti.  Di tengah kerumunan orang banyak, saya bangga mendapat kesempatan berfoto dan berdialog dengan dek Rizky walaupun hanya sebentar. Dengan dibantu sang kakek Suyatiman. 

Kelas pinten dek Rizky,”kelas setunggal” , jawabnya dengan muka malu-malu. 

“Sejak umur 15 bulan Rizky sudah ikut saya Kraton mbak, dia sekarang sudah kelas 1 setiap pulang sekolah saya ajak kesini”, ujar kakek Suyatiman. 

“Sebenarnya mau diangkat jadi abdi dalem oleh Ngerso Dalem karena Ngerso Dalem sedo jadi belum jadi di angkat menjadi abdi dalem” ujar kakek Suyatiman ketika saya tanya apakah sudah dilantik menjadi abdi dalem. 

“Kalau ada acara Kraton saya ajak menginap” kata sang kakek.  Dengan wajah yang merasa percaya atau tidak percaya saat saya bertemu dengan bocah cilik itu saya merasa bahwa hidup dek Rizky luar biasa. Hidup sepenuhnya untuk pengabdian di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Journalis Website Contact Margareta Novita Sari Dewi
PT. BPR Arta Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar