GADO-GADO
Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Anggota
Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Anggota Asosiasi Psikologi Industri
& Organisasi (APIO))
Keterangan Foto : Rumah Makan
"Pempek Ny. Kamto - Palembang" di Jalan Ngesrep Timur, Tembalang,
Semarang (jalan menuju Kampus Universitas Diponegoro Semarang)
(Foto oleh : Ir. Constantinus)
* * *
TOP OF MIND. Kata-kata ini berarti
"apa yang pertama terlintas di pikiran orang ketika dia diminta
menyebutkan merek suatu barang". Itulah yang saya pelajari di bangku
kuliah ketika saya masih belajar S-2 Magister Manajemen Bidang Pemasaran
tahun 1998-2000. Artinya, itu sudah 15 tahun yang lalu (tulisan ini dibuat
tahun 2015), tetapi sampai sekarang masih relevan. Misalnya, ketika saya
ditanya tentang rumah makan yang menjual Pempek Palembang yang enak, maka saya
langsung menjawab "Ny. Kamto".
* * *
"Itu 'kan untuk nama rumah makan.
Kalau untuk kita sebagai karyawan, bagaimana ?" tanya Slontrot kepada
saya.
"Sama saja. Pemilik perusahaan
atau pewawancara atau atasan, rekan kerja, bahkan bawahan pasti punya Top of
Mind tentang diri kita. Dan itu sanngat penting untuk kita ciptakan dan kita
jaga," jawab saya.
"Maksudnya bagaimana ?" tanya
Slontrot lagi.
"Maksudnya, jangan sampai orang
punya Top of Mind yang jelek tentang diri kita," jawab saya.
"Misalnya, jangan sampai orang punya Top of Mind bahwa diri kita adalah
pemalas, ceroboh, dan sejenisnya".
"Tetapi bagaimana membuat Top of
Mind yang baik itu ?"
"Dengan usaha yang sungguh-sungguh
dan konsisten. Sebab kalau tidak, maka Top of Mind positif tidak akan
terbentuk".
* * *
Salah satu rumah makan yang menurut saya
melakukan usaha yang sungguh-sungguh dan konsisten untuk menciptakan Top of
Mind yang baik adalah Rumah Makan "Pempek Ny. Kamto - Palembang". Di
setiap rumah makannya, dipasang foto-foto bagus berukuran besar tentang proses
pembuatan Pempek, lengkap dengan foto tentang besarnya ikan segar yang akan
diproses menjadi Pempek. Juga ada foto tentang proses pembuatan pempek berisi
telor (setiap pempek diisi dengan satu telor). Foto-foto ini membuat pembeli
memiliki Top of Mind bahwa makanan yang dibelinya memang pempek berkualitas
tinggi, bukan pempek biasa.
* * *
Perlu sekali untuk menciptakan dan
menjaga Top of Mind. Selain kita harus memiliki KUALITAS, maka PENAMPILAN juga
penting. Ketika saya membeli pempek, tentu yang saya makan adalah pempeknya
(bukan fotonya). Tetapi foto yang bagus dan besar tentang proses pembuatan
pempek membuat saya memiliki Top of Mind bahwa pempek yang saya beli dan saya
makan adalah pempek yang berkualitas tinggi.
-----oOo-----
----oOo-----
Penulis:
Ir. Constantinus, M.M.
Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun.
Sejak
tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi
Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar