CELOTAH & CELOTEH
(Bacaan Santai dan Berisi)
Edisi : Kamis, 16 November 2017
KOMUNIKATIF
CELOTAH : Apakah tuntutan
perilaku komunikatif di group perusahaan ini sama dengan tuntutan
perilaku komunikatif diperusahaan lain ?
CELOTEH : Bisa sama, bisa beda.
CELOTAH : Kalau di group perusahaan ini, tuntutan perilaku
komunikatif itu seperti apa ?
CELOTEH : SDM harus mampu berkomunikasi dengan santun, tepat,dan bijaksana.
CELOTAH : Saya kok masih belum
jelas, ya ? Apa bisa diberikan kata kunci-nya ?
CELOTEH : Begini. Di group
perusahaan ini, SDM yang komunikatif itu bukan
sekedar bisa beramah-tamah saja, tetapi
harus detail dalam
memberikan informasi, informasi yang diberikan harus berdasarkan "control - on time"artinya sesuai dengan kondisi nyata yang terbaru. Selain
itu, handphone harus nyala 24 jam termasuk hari Minggu maupun hari libur, ada nomor
handphone cadangan / alternatif yang tetap bisa dihubungi oleh atasan / rekan kerja /
anak buah di saat darurat, dan responsif yaitu pesan yang masuk harus dijawab dalam waktu maksimal
10 (sepuluh) menit.
CELOTAH : Lho ? Kalau di luar jam
kerja,saya sedangtidur, atau sedang mandi, atau handphone sedang di-charge,
bagaimana bisa menjawab pesan dalam waktu maksimal 10 (sepuluh) menit ?
CELOTEH : Handphone harus tetap nyala ketika sedang di-charge.Ingat,
ketaatan pada budaya perusahaan yang sudah ada sejak perusahaan ini berdiri
adalah sangat penting ! Kalau di luar jam kerja,dan kamu sedang mandi, atau
sedang tidur, maka pesan harus dijawab pada kesempatan pertama, dengan
didahului kata maaf karena sedang tidur atau sedang mandi sehingga pesan baru
bisa dijawab lebih dari 10 (sepuluh) menit.
----- oOo -----
Penulis:
Constantinus
CELOTAH&CELOTEH
adalah serba-serbimanajemen SDM dalam obrolan ringan
yang ditulis oleh
Constantinus, seorang ilmuwan psikologi & praktisi HR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar