Kamis, 21 Desember 2017

KIPRAH HR KORPORAT DI TAHUN 2018

Kiprah HR Korporat di tahun 2018 tidak bisa dilepaskan dari kondisi yang secara nyata masih terjadi di tahun 2017, yang intinya ada 2 (dua) :
  1. L-1, L-2, L-3, L-4, L-5 belum hafal dan / atau paham tentang visi, misi, dan budaya perusahaan, sehingga banyak perilaku yang masih harus dikoreksi.
  2. Kualitas sumberdaya manusia yang ada di pasar tenaga kerja cenderung rendah, sebagaimana terlihat pada hasil psikotes / asesmen psikologi.
Cara Mengatasinya 
  1. Dibentuk Departemen Kristalisasi Budaya Perusahaan yang dipimpi oleh Franes Pradusuara, S.Pt, M.Si, MM, CPHCM dengan tugas pokok pada tahun 2018 menyusun, menjalankan, dan mengevaluasi program supaya semua L-1, L-2, L-3, L-4, L-5 bahkan karyawan outsourcing maupun magang menjadi hafal, paham & terampil tentang visi, misi, dan budaya perusahaan.
  2. Dibentuk Departemen PTC (Psychological Treatment Centre) yang dipimpin oleh Rahmi Hardyastuti, S.Psi, CPHCM dan Departemen Quality Control of Recruitment System (QC-RS) yang dipimpin oleh Linda Tetelepta, S.AP, CPHCM. Kedua departemen ini sejak awal tahun 2018 menyusun, menjalankan, dan mengevaluasi program untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia L-1, L-2, L-3, L-4, L-5, bahkan karyawan outsourcing maupun magang, supaya kualitasnya fit dengan tuntutan jabatan di group perusahaan ini. 


Penulis: 
Constantinus




Penulis adalah ilmuwan psikologi,
kandidat psikolog industri & organisasi,
praktisi manajemen sumberdaya manusia,
komisaris BPR Restu Group,
dan anggota Keluarga Sabuk Hitam INKADO Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar