Kamis, 14 Desember 2017

CELOTAH & CELOTEH (Bacaan Santai dan Berisi) - Edisi 14 Desember 2017


CERDAS secara POTENSIAL,
CERDAS secara AKTUAL dalam hal BEKERJA,
CERDAS secara AKTUAL dalam hal BERAKTIVITAS

Oleh :
Constantinus
(Ilmuwan Psikologi, Praktisi Psikologi Industri)


CELOTAH : Saya masih belum begitu jelas tentang budaya CERDAS dalam bekerja dan beraktivitas. Jadi, sumberdaya manusia di perusahaan ini memang harus CERDAS, ya ?

CELOTEH : Ya.

CELOTAH : Kalau tidak cerdas, bagaimana ?

CELOTEH : Ya harus BELAJAR supaya cerdas.

CELOTAH : Lho ? Belajar itu bisa MEMBUAT cerdas, tho ?

CELOTEH : Ya ! Belajar itu meningkatkan kecerdasan AKTUAL alias KOMPETENSI sebagaimana dituntut dalam budaya perusahaan yaitu  CERDAS dalam BEKERJA (= KOMPETENSI KERJA) dan BERAKTIVITAS (= KOMPETENSI SOSIAL).

CELOTAH : O.... Begitu, ya.... Jadi kecerdasan AKTUAL itu ada CERDAS dalam BEKERJA (KOMPETENSI KERJA)  dan ada CERDAS dalam BERAKTIVITAS (KOMPETENSI SOSIAL), ya ??

CELOTEH : Benar ! Cerdas secara AKTUAL ini berbeda dengan cerdas secara POTENSIAL. Kalau cerdas secara POTENSIAL itu yang diukur dengan PSIKOTES.

CELOTAH : Hubungan antara cerdas secara POTENSIAL  dengan cerdas secara AKTUAL itu bagaimana ?

CELOTEH : (1) Cerdas secara POTENSIAL + BELAJAR tentang pekerjaan = cerdas secara AKTUAL dalam hal cerdas dalam BEKERJA / kompetensi KERJA. (2) Cerdas secara POTENSIAL + BELAJAR tentang kontak / hubungan sosial = cerdas secara AKTUAL dalam hal cerdas dalam BERAKTIVITAS / kompetensi SOSIAL.

CELOTAH : Jadi ada 3 macam kecerdasan, ya ? (1) Cerdas secara POTENSIAL. (2) Cerdas secara AKTUAL dalam hal BEKERJA. (3) Cerdas secara AKTUAL dalam hal.BERAKTIVITAS. Dan yang dituntut oleh budaya perusahaan adalah (2) dan (3), ya ?

CELOTEH : Benar sekali ! Tapi kalau (1)-nya terlalu rendah, untuk bisa jadi (2) maupun (3) memang harus belajar banyak sekali, lho....


----- oOo -----





CELOTAH & CELOTEH adalah serba-serbi manajemen SDM dalam obrolan ringan 
yang ditulis oleh Constantinus, seorang ilmuwan psikologi & praktisi HR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar