Senin, 09 Maret 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 09 Maret 2015



GADO-GADO
Bersama Pak Tinus
(Ilmuwan dan Praktisi Psikologi Industri, Anggota Himpunan Psikologi Indonesia, Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi)





Keterangan Foto :
"Sedia Payung Sebelum Hujan"
(Foto oleh Ir. Constantinus di Giant - Puri Anjasmoro Semarang)

* * *

SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN. Kalimat yang saya pelajari sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar Pangudi Luhur "Santo Yusup" Semarang antara tahun 1977 sampai 1983 itu sepertinya tidak pernah usang. Ya, sampai sekarang pun (tahun 2015), payung selalu dibeli orang sebelum hujan, supaya ketika hujan turun, payung tersebut sudah siap dipakai.

* * *

"Tapi 'kan kita kemarin beli payung ketika sudah hujan," kata istri saya.

Saya tersenyum.

Memang benar, minggu lalu, saya dan istri sedang berbelanja di Pasaraya Sri Ratu - Pemuda Semarang. Waktu itu, saya dan istri pulang dari kantor langsung pergi berbelanja malam hari. Turun dari mobil, payung tidak kami bawa, padahal di mobil kami ada tiga payung besar. Kenapa ? Karena kami BERPIKIR (= MENDUGA) bahwa malam itu tidak akan turun hujan.

Ternyata PIKIRAN (= DUGAAN) kami salah. Ketika kami mau pulang / keluar dari toko tersebut menuju mobil yang kami parkir di tempat parkir terbuka (tidak di dalam gedung parkir), kami kaget karena hujan turun dengan lebat.

Banyak pengunjung toko yang mau pulang juga terpaksa berteduh menunggu hujan reda. Saya dan istri juga.

Tetapi hujan deras tampaknya masih akan turun lebih lama lagi. Maka istri saya mengajak saya membeli payung di toko tersebut, supaya bisa kami pakai menuju mobil kami.

Jadilah, untuk kali itu, pepatah SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN tidak berlaku bagi kami. Kami membeli payung PADA SAAT HUJAN sudah turun dengan lebat.

* * *

"Berarti SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN itu maksudnya bukan sekedar PUNYA payung seperti kamu, tapi malah kamu TINGGAL di dalam mobil, ya ?" kata Slontrot.

Saya heran. Slontrot kali ini terlihat kritis dan cerdas.

"Iya," kata saya. "Percuma saja kita PUNYA payung kalau tidak kita BAWA sehingga SIAP kita PAKAI ketika hujan TIBA-TIBA turun.

* * *

Dalam dunia kerja, entah pada saat sedang MELAMAR kerja, entah pada saat SUDAH bekerja, semua PENGETAHUAN, KETRAMPILAN, dan SIKAP PROFESIONAL kita harus selalu kita BAWA supaya SETIAP SAAT bisa kita PAKAI untuk mengatasi masalah yang bisa datang DI SAAT YANG TIDAK TERDUGA. 


-----oOo----- 

enulis: 

Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar