Rabu, 11 Maret 2015

Cerita Seru Mengikuti “SERTIFIKASI ASSESOR ASSESSMENT CENTER” APIO Semarang









Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7-8 Maret 2015 pukul 08.00 pagi Saya dan Mas Franes mengikuti Assessmet Center di Hotel Neo Semarang. Pelatihan tersebut sangat berguna bagi kami, karyawan, dan perusahaan tentunya. Sertifikasi Assessment Center yang kami ikuti masih pada Level I (Basic) yang mengupas tentang Dasar-dasar A/C ( Assessment Center) Sertifikasi Admintrator Assesment Center. 


Hari pertama kami datang sebelum dimulai acara tersebut kami diminta mengisi soal tentang materi yang diikuti disebut dengan Pre Test, jadi kita menjawab apa yang kita tau tentang A/C. Saya mengerjakan sebisa saya. Setelah dikumpulkan dimulailah acara pertama tentang Pengenalan apa itu A/C, Kompetensi, Simulasi. Kita juga diberikan contoh kasus yang diperankan oleh beberapa peserta. Bagian akhir dari hari pertama kita diberi tugas membuat Matriks Kompetensi, Menyusun Jadwal kegiatan A/C, dan mencari Kamus Kompetensi dikumpulkan pada malam hari. Dari ketiga tugas yang diberikan paling susah adalah menyusun jadwal kegiatan A/C, padahal saya pikir pertama mudah. Ketika saya membuat dan membaca materinya bagaimana cara membuatnya saya agak kesusahan karena harus Menyesuaikan Jumlah waktu yang digunakan harus dibuat sependek mungkin namun dengan tetap tidak boleh menghilangkan esensi dari A/C (efektif dan efisien), seperti harus dipastikan bahwa peserta mendapatkan penilaian dari berbagai Asesor, mendapatkan seluruh simulasi yang ingin diukur, dan lain sebagainya.


Hari kedua kami membahas tentang tugas yang diberikan, dari beberapa peserta yang mengikuti tidak ada yang benar 100% menyusun jadwal kegiatan A/C. Dengan itu tapi kami jadi paham cara membuatnya. Masuk kemateri kedua membahas tentang Matriks Kompetensi, Integrasi Data, dan Teknologi dalam A/C. Kita dilihatkan film tentang praktek yang sebenarnya A/C. Sesi terakhir kita evaluasi materi dan Post Test. Saat mengerjakan hasil Post Test kami dapat mengerjakannya hampir 90% dapat kami kerjakan dengan baik.

Kesimpulan : Assessment Center  itu perlu diikuti oleh karyawan atau posisi jabatan yang berkaitan dengan seleksi, promosi, dan pengembangan karyawan.



--oOo--


Penulis:

Rahmi Hardyastuti, S.Psi






Alumni  2013 - Universitas Islam Sultan Agung 
Anggota APIO



Tidak ada komentar:

Posting Komentar