Rabu, 01 April 2015

Tips Gaya Berpakaian saat Wawancara

Wawancara kerja memang merupakan hal yang paling penting dalam proses untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Beban saat wawancara kerja tidak jarang membuat anda gugup dan gelisah. Penampilan merupakan salah satu poin penting saat bertemu dengan user saat dilakukannya wawancara kerja. Semakin baik penampilan anda (penampilan rapi dan kesan prosefional), maka rasa percaya diri anda akan semakin besar. Dengan percaya diri yang baik maka anda dapat menanamkan kesan yang baik pula kepada user.  Berikut adalah tips cara berpakaian dalam wawancara kerja:

1.      Jangan sampai memakai pakaian yang terlalu kasual
Gunakan busana seperti kemeja, blazer, dan rok/celana kain. Pastikan baju yang anda kenakan tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat. Tampilkan dengan menjadi diri sendiri yang tentunya nyaman bagi pribadi dan orang lain.

2.      Sesuaikan pakaian dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan
Jika melamar ke perusahaan yang lingkungan kerjanya serius seperti bank, kenakan busana formal seperti blazer atau setelan. Tapi jika perusahaan yang anda tuju adalah bidang kerja kreatif seperti media atau agensi periklanan, berikan sedikit warna dalam penampilan anda lewat pemakaian kalung atau ikat pinggang.

3.      Pemilihan warna dalam berpakaian
Pilih warna-warna pastel akan memberikan kesan baik saat user melihatnya. Hindari warna-warna menyala seperti merah, kuning, hijau.

4.      Hindari kesan seksi
Bagi wanita jangan sekali-kali mencaoba terlihat seksi dengan memakai rok mini atau busana terlalu rendah. Penampilan seperti itu akan membuat terkesan tidak professional.

5.      Hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan
Aksesoris yang berlebihan seperti kalung, cincin, gelang, dsb dapat mengganggu/mengalihkan perhatian user.

6.      Penampilan yang baik bagi pria
Disarankan untuk memakai pakaian dengan warna agak gelap seperti biru. Kenakan sepatu Pantofel yang sudah dipoles dengan baik. Kenakan kaus kaki hitam yang cukup panjang sehingga kaki berbulu tidak akan terlihat jika anda menyilangkan kaki.

7.      Perhatikan kerapian
Biasanya pria tidak peduli jika menyangkut soal penampilan, meski begitu harus tetap diperhatikan kerapiannya. Misalnya pastikan kemeja dimasukan ke dalam celana panjang dan gunakan ikat pinggang. Bersihkan juga sepatu jangan sampai ada tanah yang menempel. Selain itu perhatikan juga rambut agar tertata rapi. Untuk pria bisa gunakan minyak rambut. Sedangkan wanita biasakan rambut diikat untuk yang memiliki rambut panjang.


Contoh Pakaian yang salah :





Contoh Pakaian yang benar :

           
  




--oOo--


Penulis:

Rahmi Hardyastuti, S.Psi
                                                                                
                  
Alumni  2013 - Universitas Islam Sultan Agung 
Anggota APIO



Tidak ada komentar:

Posting Komentar