Selasa, 14 April 2015

Tips Bagaimana Menjadi Pelamar Kerja yang Istimewa




Jika kita berbicara soal Rekrutmen dan Seleksi pasti tidak ada habisnya.
Mulai dari proses pemasangan iklan sampai proses negosiasi dan tandatangan kontrak, merupakan proses yang saling berkaitan.

Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang TIPS BAGAIMANA MENJADI PELAMAR KERJA YANG ISTIMEWA SEHINGGA MEMPUNYAI KESAN YANG MENDALAM BAGI PERUSAHAAN YANG DITUJU.

1. BERFIKIR SEBELUM BERTINDAK
Bagi pelamar yang akan melamar pekerjaan, hendaknya berpikir dulu sebelum mengirim lamaran.  Jangan niat iseng, atau coba-coba.


2. KESAN PERTAMA ANDA  BEGITU MENGGODA
 Hadiri panggilan pertama tes atau wawancara anda dengan datang tepat waktu, berpakaian yang sopan dan wajar.

3. TUNJUKAN DIRI ANDA YANG TERBAIK
Saat wawancara tunjukan bahwa anda pantas untuk menempati posisi yang ditawarkan perusahaan, tapi tidak terlalu berlebih-lebihan atau berbohong atau menutup-nutupi sesuatu  (karena perusahaan punya cara sendiri-sendiri untuk mengetahui fakta-fakta tersembunyi dari para pelamar)

4. SAMAKAN FREKUENSI ANDA
Jika anda sudah yakin dengan perusahaan tersebut, berbagai tahapan seleksi sudah dilalui. maka saatnya anda menyamakan frekuensi (tahap negosiasi).  Pada tahap ini, anda akan dituntut memiliki tingkat kematangan berfikir yang baik.  Apa harapan anda dan sejauh mana perusahaan tersebut mengabulkan harapan anda.. dan jika frekuensi sudah sama maka lahirlah sebuah kesepakatan

5. TUNJUKAN ANDA ADALAH SEORANG YANG BERKOMITMEN
Jika anda sudah dinyatakan diterima oleh sebuah perusahaan, dan anda sudah menyetujuinya, maka hendaknya anda bisa menjadi seorang yang profesional dan berkomitmen dengan menerima apapun hasil kesepakatan anda dengan perusahaan tersebut.  Mengundurkan diri pada tahapan ini, secara sepihak  telah menunjukan kepada perusahaan sisi lain dari sifat anda yang selama ini anda tutupi.  Perlu di ingat, DATA ANDA, pastinya sudah masuk ke dalam Data Base perusahaan tersebut, catatan sekecil apapun akan menjadi informasi penting bagi perjalanan karir anda.

Jadilah pelamar kerja yang istimewa, yang selalu berkesan bagi perusahaan yang mewawancarai anda dengan setidaknya melakukan 5 tips di atas.

---o0o---

Penulis: 
Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si


Kang Franes memulai karirnya sebagai Praktisi Human Resources sejak 2011. 
Anggota  Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar