Selasa, 03 Februari 2015

Pelajaran Apa yang Bisa Diambil dari Film THE MAZE RUNNER

Pojok CS-KS
Cerita Santai, Karir, dan Seleksi " bersama Kang Franes




Sahabat Warta, masih ingat dengan Film The Maze Runner..??
sedikit review terhadap Film The Maze Runner:



"Film ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang berdiam di sebuah "tempat bernama The Glade" di tengah-tengh labirin raksasa  dan mereka berjuang untuk mencari jalan keluar.  Film dimulai dengan terbangunnya  seorang remaja pria bernama Thaomas (Dylan O'Brien) mendapati dirinya telah berada di pusat sebuah labirin berukuran raksasa. Ia tidak tahu penyebab mengapa ia bisa berada disana, hal serupa yang juga dialami oleh anak-anak lainnya yang telah terlebih dahulu menghuni The Glade, seperti Newt (Thomas Sangster Brodie), Gally (Will Poulter), Minho (Ki Hong Lee), yang selama ini berusaha untuk mencari jalan keluar dari blok-blok beton yang dapat melakukan konfigurasi ulang setiap malamnya.

Banyak adegan yang menarik dari film tersebut, namun yang paling saya suka adalah karakter tiap tokoh dalam film tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Thaomas, dia merupakan kunci cerita.  Dimana ia adalah orang baru yang memasuki lingkungan baru, namun membawa semua perubahan.  Sifatnya yang selalu ingin tahu, dan pintar.  Pada awalnya membuat dia tidak diterima dalam lingkungan baru tersebut.

Newt, dia merupakan pemimpin para pemuda di Glade.  Dia seorang pemimpin yang masih belum matang, jiwa mudanya membuat dia mampu menerima Thaomas sejak awal kedatangannya.  Sosok pemimpin yang menginginkan perubahan, namun kurang inisiatif.

Gally, dia salah satu pemuda yg dinggal di Glade sudah lama (3 tahun) dia sosok yang taat peraturan, dan tidak menyukai perubahan.

Minho, dia  salah satu pemuda yang sudah tinggal di Glade  dan termasuk di kelompok "Pelari".  Karena kemampuannya berlari cepat maka tugas utamanya adalah memasuki Labirin raksasa dan memetakan pola labirin yang setiap hari bisa berubah.  Termasuk didalamnya mencari jalan keluar.


Apa menariknya film ini untuk di tonton???
Saya melihat Film The Maze Runner hampir sama dengan keadaan sebuah perusahaan.
Sebuah perusahaan itu bisa di Ibaratkan The Glade.   Tempat dimana beberapa orang berkumpul dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk tujuan yang sama...

Labirin Raksasa, itu sebagai penggambaran bagaimana lingkungan luar  dari perusahaan.  Kapan saja bisa berubah, kapan saja bisa sangat membahayakan.

Tokoh Thaomas, sebagai gambaran tentang seseorang yang baru bergabung dengan perusahaan. Membawa pola pikir baru, ilmu baru, keingin tahuan, dan tidak tahu budaya yang sudah berjalan.  apakah salah dengan tokoh ini???  saya serahkan pada diri anda sendiri... :)   :)   :)

Tokoh Gally, sebagai gambaran seseorang yg sudah senior, tidak mau perubahan, cari aman, taat peraturan. apakah salah dengan tokoh ini???  saya serahkan pada diri anda sendiri... :)   :)   :)

Dari semua tentang Film The Maze Runner, saya mengambil kesimpulan:
"Apapun dalam hidup itu, harus dihadapi dengan perjuangan dan kerja cerdas"  
termasuk dalam sebuah Organisasi Perusahaan.........



-----oOo-----


Penulis: 
Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si


Kang Franes memulai karirnya sebagai Praktisi Human Resources sejak 2011. 
Anggota  Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar