Kamis, 05 Februari 2015

Pentingnya Peran Karyawan ...

Obras (Obrolan Santai) bersama Linda
Serba-Serbi "Hubungan Industrial"



Pentingnya Peran Karyawan ... 

Kenapa karyawan memiliki peran penting??
Ya, karena karyawan sebagai aset penting dalam perusahaan. Walaupun, karyawan bukan sebagai "pengambil keputusan''. Tetap saja, karyawan menduduki kuantitas paling dominan. Bisa dibilang para karyawan tersebut yang "bergerak" dan pengusaha sebagai "poros''nya. 
Nah, justru disini biasa terkesan ada "jurang pemisah'' antara karyawan dengan pengusaha. Dalam hal ini yang perlu dilihat adalah "umpan balik'' dari masing-masing pihak. Kelangsungan perusahaan demi perkembangan dan kemajuan perusahaan, dimana hal itu juga yang diharapkan karyawan. Selain itu, "umpan balik''nya adalah pemenuhan hak dan kewajiban yang seimbang diantara keduanya.
Secara kewajiban, karyawan melakukan pekerjaan sesuai tugas dan tanggung jawab. Setiap bulan menerima upah, secara haknya. Demi kelangsungan perusahaan dan karyawan ada fasilitas atau jaminan yang diberikan pengusaha kepada karyawan. Entah itu,  dalam bentuk kesehatan, keamanan kerja hingga keselamatan kerja.
Apabila kedua tidak seimbang perlu adanya hubungan yang baik melalui komunikasi. Di sinilah, hubungan industrial berpengaruh sebagai sarana mediasi antara kedua belah pihak agar tercipta komunikasi ''bebas hambatan'' antara pengusaha dan karyawan.

-----oOo-----

Penulis : 
Linda Tetelepta, S.A.P


Alumni Universitas Diponegoro 
Anggota APIO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar