Jumat, 26 Januari 2018

INOVASI

Inovasi adalah aplikasi dari sebuah solusi yang lebih baik untuk memenuhi tuntutan baru, kebutuhan yang belum terpikirkan, maupun kebutuhan pasar yang ada.

Inovasi terwujud dengan :

  •  Produk yang lebih efektif 
  •  Proses yang lebih efektif 
  •  Layanan yang lebih efektif 
  •  Teknologi yang lebih efektiuf 
  •  Bisnis yang siap diserap oleh pasar / pemerintah / masyarakat 
5 Tahap MENERIMA & MENJALANKAN Inovasi

  1. Tahap pengetahuan --> individu menyadari adanya inovasi / ingin tahu fungsi inovasi --> (a) sadar tentang adanya inovasi / membuka diri, (b) pengetahuan tentang teknis / cara menggunakan, (c) pengetahuan tentang prinsip berfungsinya inovasi
  2. Tahap keputusan --> menimbulkan rasa senang (atau tidak senang)
  3. Tahap keputusan --> menerima inovasi (atau menolak inovasi)
  4. Tahap implementasi --> mulai sejak inovasi diterapkan --> berakhir ketika inovasi sudah menjadi suatu kelaziman 
  5. Tahap konfimasi --> mencari penguatan atas tahap yang sudah dijalani --> kalau penguatan tidak didapat, maka inovasi dapat terhenti
6 Tahap MENGHASILKAN Inovasi 
  1. Persiapan --> "goal setting" --> misalnya menjadi sepeda motor 4 tak tercepat di dunia --> kemudian membuat work plan untuk mewujudkan "goal" tersebut
  2. Identifikasi kesempatan dan tantangan --> melihat kebiasaan masyarakat --> melakukan "brain storming" --> digunakan pola pikir divergen
  3. Inkubasi --> melakukan riset / analisis secara mendalam (mematangkan pemikiran-pemikiran) --> melihat kebiasaan masyarakat secara detail dan dalam jangka panjang
  4. Iluminasi --> membuat "gambaran" atau "model" atau "prototype" berupa gambar / poster atau maket atau miniatur
  5. Berpikir Konvergen --> melaksanakan gambaran / model / protype menjadi kenyataan
  6. Hasrat / minat yang Terus Menerus --> merupakan bahan bakar untuk membangun kreatif guma menghasilkan inovasi
Kaizen (ri-ton-so ketsu-suke) / 5 S
  1. Seiro --> memilah --> berguna disimpan, yang tidak berguna dibuang --> red tag stategy (yang tidak berguna diberi label / tanda merah) untuk kemudian disingkirkan / dibuang --> semaki n ramping tempat kerja dari barang red tag, semakin efisien tempat kerja tersebut
  2. Seiton --> menata barang yang berguna supaya aman mudah dicari --> signboard stategy (pemberian nama / label lokasi penyimpanan maupun barang yang disimpan) --> mengurangi pemborosan karena mondar-mandir mencari barang "kelingsut"
  3. Seiso --> menjaga kebersihan / merawat barang yang sudah ditata dengan baik --> terkait juga tempat kerja maupun mesin / alat kerja --> tempat kerja dibuat seperti ruang pameran
  4. Seiketsu --> membuat ri-ton-so menjadi stanfdar kerja --> standar ini harus diperiksa secara rutin
  5. Shitsuke --> membuat ketsu menjadi budaya --> (a)disiplin terhadap standar (b)saling menghormati (c)senang melakukan perbaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar