Senin, 16 Februari 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 16 Februari 2015

GADO-GADO
Bersama Pak Tinus
(Anggota Himpunan Psikologi Indonesia & Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi)




Keterangan Foto :

Tidak semua hal bisa kita atur. Ada banyak hal yang sudah ada secara alamiah. Yang bisa kita lakukan adalah melihat dan menangkap kesempatan alamiah itu untuk kebaikan kita dan orang lain.

(Foto oleh Ir. Constantinus)




Kesempatan. Ini adalah kata yang tepat untuk menjawab pertanyaan, "Apa yang mendasari saya membuat foto di atas ?". 

Dulu, setiap kali saya jalan-jalan ke manapun, saya selalu membawa kamera Canon EOS DSLR 550D. Sekarang, karena (relatif) semua "handphone" sudah ada kameranya (meskipun tidak secanggih Canon DSLR), saya tidak lagi selalu membawa kamera DSLR karena sudah membawa "handphone" yang ada kameranya.

Memotret memang sudah menjadi "hobby" saya sejak masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar di tahun 1980. Saya sudah terbiasa "mencari-cari kesempatan" : apa yang bagus untuk difoto. Dan kebiasaan ini masih bertahan sampai sekarang. Foto di atas saya buat ketika saya sedang jalan-jalan pagi dengan istri di Pantai Marina - Kota Semarang, dengan menggunakan kamera Nokia "jadul" (kuno) E71 (karena saat itu saya niatnya bukan mau memotret, makanya tidak bawa kamera Canon DSLR yang gede ukurannya). Saya melihat ada "momen yang bagus", maka saya protret dengan kamera "handphone". MUMPUNG ADA KESEMPATAN, saya memotret dengan ALAT YANG ADA PADA SAYA SAAT ITU.

Nah, renungannya adalah : dalam mencari pekerjaan atau jenjang karir, apakah kita juga sudah selalu MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN untuk mendapatkan KESEMPATAN yang baik (dalam arti positif) dan MENGGUNAKANNYA DENGAN KEMAMPUAN YANG SUDAH ADA pada kita ?


-----oOo-----



Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.



Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar