Senin, 25 Mei 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 25 Mei 2015

GADO-GADO
Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO))



* * * * *

EDUCATIO PUERORUM EST REFORMATIO MUNDI. Kalimat dalam Bahasa Latin ini mempunyai arti "mendidik orang muda adalah mereformasi dunia". 

Saya mendengar kalimat ini ketika saya masih kuliah di Jurusan Budidaya Perairan / Perikanan Undip, sekitar 20 tahun yang lalu. Usia saya saat itu masih 20 tahunan. Sekarang, saya sudah 45 tahun.

Apa yang menarik dari kalimat itu ?

Bagi saya, kalimat itu SELALU menarik karena menyadarkan akan dua hal :
(1) Kalau ingin melakukan perbaikan, pendidikan orang muda harus diberikan dengan benar.
(2) Orang muda yang sudah mendapatkan pendidikan dengan benar, jangan lupa untuk berkarya demi kebaikan orang banyak. Jangan cuma mencari pekerjaan hanya untuk mencari uang saja.

"Lho, jadi kerja cari uang itu tidak boleh ?" tanya Slontrot. Matanya mendelik.

"Siapa yang bilang tidak boleh. Ya malah harus. Tetapi, jangan semata-mata mencari uang. Bekerja itu ya yang ada faedahnya untuk orang lain," jawab saya.

Slontrot garuk-garuk kepala.

"Maksudnya bagaimana, ya ?" tanya Slontrot.

"Kalau kita bekerja, ya bekerja di perusahaan yang baik, dan kita harus bekerja dengan baik juga. Jangan lupa berdoa dan beramal," kata saya. Tiba-tiba saja saya merasa jadi orang serius.

"Memang harus begitu, ya ?" tanya Slontrot.

"Ya. Di perusahaan, itu disebut value, atau nilai luhur. Jadi bekerja itu bukan cuma cari gaji saja," kata saya.

-----oOo-----
Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar