Selasa, 26 Mei 2015

Belajar Dari Satria Baja Hitam Kalo Ingin Menang Harus Berubah

Pojok CS-KS
Cerita Santai, Karir, dan Seleksi " bersama Kang Franes


Gambar. Satria Baja Hitam


Sahabat warta, masih ingat tidak dengan film berseri "Satria Baja Hitam" yang tayang setiap hari senin pukul 17.00 di salah stasiun TV swasta ber tagline "OKE!"... sekitar tahun 1994 (saya waktu itu masih SD)...

Diceritakan dalam Film tersebut seorang anak muda yang bernama Kotaro Minami  yang bersenjatakan Pedang  Matahari  melawan sejumlah penjahat yang akan menghancurkan bumi....

Yang menarik dari Film ini adalah... si Ksatria harus berubah terlebih dahulu menjadi Ksatria Baja Hitam baru dapat mengalahkan musuh-musuhnya.....  karena jika dia melawan dengan wujud masih manusia maka dia akan kalah....

lalu....... apa hubungannya dengan kita????

Dalam berbisnis, menyelesaikan pekerjaan, atau menempuh pendidikan adakalanya kita harus bisa BERUBAH.... supaya kita menang menggapai tujuan....

Apakah perubahan itu mudah???
jawabannya.. tergantung  niat anda.....
semakin besar niat anda untuk berubah.....
maka perubahan itu akan terasa gampang....
namun jika niat anda sebaliknya.... maka perubahan itu akan menjadi beban berat.....

sebagai contoh....
saya ketika SD tidak pernah dapat peringkat SATU di kelas....
saya merasa diri saya tidak pernah berbakat dengan yang namanya IPA, Matematika, IPS...
saya hanya menyukai pelajaran menggambar..... :)

disana saya melihat anak yang selalu dapat peringkat pertama itu pasti disukai banyak guru....
akhirnya saya mulai belajar saya hapalkan semua materi di buku.... jarang bermain.. hanya fokus belajar..... 

dan hasil nya.... tidak banyak berubah...... saya dapat peringkat TIGA.... dari Lima orang....:) yang sebelumnya saya selalu dapat peringkat EMPAT... dari Enam orang..... hehehehehe

memasuki masa SMP saya mulai mengenal banyak orang... saat itu satu kelas jumlah siswanya menjadi 40 orang...  saya berfikir... wah... di SD saja saya peringkat tiga dari lima orang.... lah skarang ada 40 orang hehehehe...

disitulah saya mulai MERUBAH pola pikir saya... ibu dan bapak mengajarkan bahwa "yang penting itu kamu belajar... kamu bisa.... masalah peringkat kelas mah... masalah nanti..."  itulah perkataan ibu dan bapak yang sedikit menenangkan saya... :)

Saya mulai belajar dengan memahami konsep.... kemudian saya tulis ulang... saya ambil benang merahnya... sehingga... mungkin saya tidak hafal secara text book, namun saya faham secara konsep... :)

Akhirnya semester pertama di SLTP saya mendapat peringkat PERTAMA... dan terus seperti itu... :)

Perubahan bagi saya adalah suatu keharusan....
jika kita ingin maju... :)


-----oOo-----


Penulis: 
Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si


Kang Franes memulai karirnya sebagai Praktisi Human Resources sejak 2011. 
Anggota  Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO).













Tidak ada komentar:

Posting Komentar