Kamis, 03 Mei 2018

Corporate Social Responsibility Program KIAT SUKSES MEMASUKI & MENITI KARIR DI DUNIA KERJA Bagi Siswa/Siswi SMK Pius X Magelang



Program Corporate Social Responsibility (CSR) BPR Restu Group kembali diadakan bagi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Tengah. Pada tanggal 2 Mei 2018 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, diadakan pelatihan tentang Kiat Sukses Memasuki dan Meniti Karir di Dunia Kerja di SMK Pius X Magelang.


Ir. Constantinus, MM.  selaku praktisi psikologi industri di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Restu Group menjelaskan kepada para peserta, bahwa perusahaan dalam menyeleksi calon karyawan memperhatikan lima aspek, yaitu : tujuan hidup, kecerdasan, kepribadian, kompetensi, dan pendidikan formal calon karyawan.

"Jadi, pendidikan formal itu penting," kata Constantinus. "Tetapi ada 4 hal lain yang lebih penting. Yang paling diperhatikan oleh perusahaan adalah tujuan hidup. Kalau tujuan hidup calon pelamar tidak jelas atau tidak sesuai dengan visi, misi, dan budaya perusahaan, maka calon pelamar tidak diterima meskipun nilai akademis pendidikan formalnya bagus".




































 Setelah tujuan hidup, perusahaan juga memperhatikan aspek kecerdasan dan kepribadian calon karyawan. Karyawan yang kecerdasan dan kepribadiannya fit dengan tuntutan perusahaan akan cepat mempelajari hal-hal baru dan menyesuaikan diri untuk menjalankan pekerjaannya.



































Aspek lain yang juga diperhatikan oleh perusahaan adalah kompetensi kerja. "Kompetensi meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kerja," kata Constantinus. "Praktek-praktek yang banyak dilakukan selama sekolah di SMK Pius X Magelang merupakan modal awal kompetensi kerja".


Selama kegiatan berlangsung, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan yang menunjukkan antusiasme yang tinggi. Hadir dalam kegiatan ini Dra Demetria Anjar selaku Kepala SMK Pius X Magelang, Dra. Rita Ayu Budi selaku Bidang Kesiswaan SMK Pius X Magelang, Kepala Assessment / Treatment Centre (ATC) BPR Restu Group Rahmi Hardyastuti, S.Psi, CPHCM, dan peneliti psikologi sosial Ir Susana Adi Astuti, MM.




----- oOo -----


Penulis: 
Constantinus


Penulis adalah ilmuwan psikologi,
psikolog industri & organisasi,
praktisi manajemen sumberdaya manusia,
komisaris BPR Restu Group,
dan anggota Keluarga Sabuk Hitam INKADO Jawa Tenga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar