Senin, 29 Juni 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 29 Juni 2015

GADO-GADO
Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO))


(Foto : Buku Dale Carnegie versi lama yang dicetak ulang)
 

(Foto : Buku Dales Carnegie versi baru alias "di era digital")


* * * * * 
 

KETRAMPILAN SOSIAL. Kata-kata ini digunakan untuk mendefinisikan kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

"Apa ini ada kaitannya dengan kesuksesan seseorang dalam meniti karir di tempat kerja atau melakukan bisnis mandiri ?" tanya Slontrot.

"Tentu saja," jawab saya. "Orang yang kemampuan intelektualnya tinggi tetapi ketrampilan sosialnya rendah, cenderung kalah cepat dalam meniti karir dibandingkan orang yang kemampuan intelektualnya pada taraf rata-rata tetapi mempunyai ketrampilan sosial yang tinggi. Begitulah yang terjadi di Indonesia".

"Kok bisa begitu ?" tanya Slontrot.

"Bisa saja. Sebab di Indonesia, ada tuntutan bahwa orang harus mampu menjadi pemain tim kerja yang baik, entah sebagai karyawan maupun sebagai pemilik bisnis mandiri. Untuk menjadi pemain tim kerja yang baik, syaratnya harus mempunyai ketrampilan sosial yang tinggi," jawab saya.

"Ciri-ciri orang yang mempunyai ketrampilan sosial yang tinggi itu seperti apa, sih ?"

"Ada banyak. Tetapi di sini saya sebutkan yang penting-penting saja. Pertama, dia kalau berbicara dengan orang lain tidak membuat orang lain sakit hati. Kedua, orang-orang cenderung suka berbicara atau berdiskusi dengan dia. Ketiga, dia dapat memberikan pujian dengan tulus kepada orang lain. Keempat, kalau ada orang yang memberikan pujian kepadanya, dia dapat menerima pujian itu dengan wajar".

* * * * *

Salah satu buku bacaan yang berguna untuk meningkatkan ketrampilan sosial ----- menurut saya ----- adalah buku tulisan Dale Carnegie seperti terlihat pada gambar di atas. Buku tersebut ditulis pada tahun 1936, dan sampai saat ini masih terus dicetak ulang mengingat masih banyak orang yang berminat membeli dan membaca buku ini. 

Dengan selesai membaca buku ini, tidak berarti ketrampilan sosial seseorang secara otomatis meningkat. Masih ada proses yang harus dilalui, seperti mempraktekkan apa yang ditulis dalam buku tersebut secara bertahap dan konsisten serta terus- menerus. Selain itu, aspek kepribadian juga berpengaruh. Artinya, ada yang dengan cepat bisa menguasai dan menerapkan apa yang tertulis dalam buku tersebut karena kepribadiannya cenderung cocok / mendukung, ada pula yang perlu waktu lebih lama karena kepribadiannya memiliki "gap" yang relatif besar dibandingkan dengan tuntutan dalam buku tersebut.

Intinya, semua itu memerlukan usaha sungguh-sungguh yang dilandasasi dengan doa.  Dan membaca buku Dale Carnegie di atas hanya merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan.....

-----oOo-----
enulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar