Minggu, 18 Januari 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 19 Januari 2015

GADO-GADO
Cerita Hidup Bersama Pak Tinus

Menurut Ilmu Jiwa & Perilaku Manusia (= Psikologi), perilaku seorang manusia di mata seorang ahli (=Sarjana) Ilmu Jiwa & Perilaku (= Psikologi) menggambarkan jiwa yang ada dalam diri orang itu.

"Terus, kalau jiwa orang itu sudah bisa tergambarkan, akan digunakan buat apa oleh Ahli Ilmu Jiwa & Perilaku Manusia itu ?" tanya Slontrot kepada saya.

"Begini.... Jiwa seorang manusia itu ibarat seorang kusir kereta kuda, sedangkan tubuh fisik manusia itu seperti kereta kuda beserta kuda-kudanya. Kereta kuda lengkap dengan kuda-kudanya itu akan berjalan secepat apa, menuju ke arah mana, dengan cara membahayakan atau tidak, semua dikendalikan oleh kusir kereta kuda itu," jawab saya.

Slontrot mengangguk-anggukkan kepala. "O.... Itu sebabnya seorang Ahli Ilmu Jiwa & Perilaku Manusia itu mampu memprediksi apa yang akan dilakukan oleh seseorang, ya.... Ternyata dia mendapat gambaran tentang jiwa orang itu dengan menggunakan perilaku orang itu di masa yang dulu, ya....," kata Slontrot.

Saya tersenyum.

"Wah.... Saya jadi malu, nih.... Jangan-jangan jiwa saya sudah terbaca oleh kamu....," kata Slontrot lagi.

"Ha....ha....ha....," saya tidak dapat menahan tawa.


-----oOo-----



Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


: Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar