Minggu, 11 Januari 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 12 Januari 2015


Nasehat dari orang yang berbeda bisa jadi saling bertentangan satu sama lain.
 Adalah tanggung jawab kita sendiri untuk memilih nasehat yang mana 
yang paling tepat untuk diikuti.




GADO-GADO
Cerita Hidup Bersama Pak Tinus


Siang itu saya sedang ngobrol dengan seorang murid salah satu SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). "Katanya, lulusan SMK itu sulit dapat kerja, ya Pak ?" tanyanya.

Saya diam. Heran dengan pertanyaan itu.

"Gampang atau sulit, itu tergantung persepsi kita, tergantung persiapan kita, dan tentu saja doa kita dan doa orang tua kita," jawab saya sungguh-sungguh.

Mendengar jawaban saya, dia terdiam. Bingung. Ada yang bilang sulit, ada yang bilang tergantung persepsi, persiapan, dan doa. Memang, pendapat orang berbeda-beda.

"Jadi, saya harus mengikuti pendapat yang mana ?" tanyanya lagi.

"Itu terserah kamu, 'kan itu tentang masa depanmu. Tapi, kamu memang harus bisa membedakan, mana pendapat yang layak dipercaya, mana yang tidak. Jangan semua pendapat kamu ikuti," kata saya.

Dia manggut-manggut saja.

-----oOo-----



Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


: Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO). 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar