Rabu, 22 November 2017

Menyikapi Tes Wawancara Bagi Siswa SMK Tarcisius 1 Semarang



Menyikapi Tes Wawancara

Tes wawancara bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menakutkan.
Namun, bagi penulis tes wawancara adalah hal yang paling menarik, karena dalam tes tersebut kita sebagai pelamar kerja, bisa menunjukan kemampuan dan pengalaman nyata kita langsung di hadapan user.



Dalam  sesi  diskusi dengan  siswi SMK Tarcisius 1 Semarang, ada siswi yang mengajukan pertanyaan menarik:

“Saya waktu tes wawancara untuk posisi assisten kepala toko, kok tidak ditanya apa-apa ya??, malah si pewawancara asik SMS an dan WA an sendiri.. saya di cuekin... hampir  20 menit saya diam saja tidak ditanya apa-apa... sampai akhirnya dia selesai dengan aktivitasnya, si pewawancara menyuruh saya keluar....  saya lebih aneh lagi ketika pengumuman hasil seleksi, saya dinyatakan tidak lolos”

Banyak sekali jenis tes yang bentuknya wawancara, salah satunya seperti yang ditanyakan siswi SMK tersebut.  Untuk menjadi asisten kepala toko  maka komunikasi harus baik.  Dalam kasus ini, si pelamar dituntut untuk berinisiatif memulai komunikasi dengan si pewawancara... itu kata kuncinya....

Penting bagi para pelamar kerja untuk selalu meningkatkan kemampuan cara berkomunikasi, banyak membaca buku tentang cara memasuki dunia kerja, dan banyak berdiskusi dengan para praktisi HR supaya mendapatkan pemahaman yang benar perihal "Tes Wawancara untuk memasuki dunia kerja".

(bersambung)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar