Senin, 06 Juli 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 6 Juli 2015

GADO-GADO
Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO))



MELAYANI. Kata ini yang segera terlintas dalam benak saya di hari Sabtu tanggal 4 Juli 2015 kemarin. Hari itu adalah Hari Ulang Tahun ke-13 Corporate Human Resources Department yang saya pimpin di sebuah group perusahaan swasta di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebetulan sejak pertama berdiri, departemen ini dipimpin oleh saya. Dan saya selalu menyadari bahwa semua hasil yang telah dicapai selama ini adalah karunia Tuhan Yang Mahaesa yang antara lain berupa keberadaan para asisten yang selalu penuh dengan pola pikir, sikap, dan perilaku saling melayani.

"Kenapa kamu bilang begitu ?" tanya Slontrot. "Bukankah orang bekerja itu ya cari uang, termasuk orang yang bekerja sebagai asisten HR ?"

"Kamu ada benarnya," jawab saya. "Tapi tidak seluruhnya".

"Kok bisa ?"

"Bisa saja. Orang bekerja memang mencari uang, tetapi itu bukan segala-galanya".

"Maksudnya bagaimana ?"

"Kalau bekerja cuma mencari uang, akibatnya orang itu tidak akan awet bekerja di suatu perusahaan. Kenapa ? Karena yang ada di pikirannya hanya mencari uang. Titik. Kalau yang ada dalam pikirannya hanya mencari uang, maka akan pindah-pindah kerja terus....sebab kalau mengalami kesulitan sedikit saja di tempat kerja, langsung mengundurkan diri.....ketika ada tawaran gaji yang lebih besar di perusahaan lain, langsung mengundurkan diri.... Jadinya tidak ada yang langgeng....."

"Terus harusnya bagaimana ?"

"Ya harus ada tujuan lain yang dicari dalam bekerja....."

"Apa itu ?"

"Kalau di Corporate Human Resources Department tempat saya bekerja, yang dicari adalah kesempatan untuk melayani dengan sebaik-baiknya.....karena bekerja itu adalah amanah dari Tuhan untuk saling melayani sesama manusia...."

"O.... Itu rahasia dari para asisten Corporate Human Resources Department tempat kamu bekerja, ya.....sehingga semua anggota tim tetap memiliki rasa bangga sekalipun sudah tidak lagi bekerja di dalam tim ini...."

"Iya. Kebanggaan itu abadi justru karena semua orang merasa bahwa kita semua adalah orang yang melayani orang lain.....sebagai amanah dari Tuhan....."

-----oOo-----
Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar