Jumat, 06 November 2015

TIPS PENULIS: Menulis Resensi Buku


Tips Penulis
 Bersama : Tien Este
Tentang Penulis :

  • Tien Este adalah nama samaran dari Constantinus Johanna Joseph sejak 1983
  • Menulis di surat kabar, tabloid, majalah sejak 1989 (Suara Merdeka, Wawasan, Psikologi Plus, Job Indonesia, Peluang, dan lain-lain)
  • Penulis blog inspirasi pendidikan kreatif "www.holiparent.blogspot.com" sejak 2012
  • Ilmuwan Psikologi - Anggota Himpunan Psikologi Indonesia
  • Magister di bidang manajemen marketing & manajemen SDM
  • Menulis di blog dengan kata kunci "Gado-Gado" (Pak Tinus), "Celotah & Celoteh" (Tanpa Nama), Paimin3000, dan masih banyak lagi

TANYA : Apa sih rambu-rambu untuk menulis buku ?

JAWAB : Yang jelas, kamu harus sudah membaca buku itu dengan sungguh-sungguh, sehingga kamu bisa menulis plus dan minusnya buku itu. Penting juga untuk diperhatikan, siapa yang menjadi target pembeli / pembaca buku itu, dan siapa yang menjadi target pembaca tulisan resensimu / pembaca media yang memuat tulisan resensimu. Target pembacanya harus sama. Misalnya, ada buku baru tentang bagaimana mengatur keuangan rumah tangga. Target pembacanya jelas orang yang sudah berumah tangga. Kemudian kamu menulis resensi tentang buku itu, maka target pembacanya juga harus orang yang sudah berumah tangga. Kalau tulisan resensimu dimuat, ya harus dimuat di media yang target pembacanya antara lain adalah orang yang sudah berumah tangga. Jangan sampai (misalnya) dimuat di website yang target pembacanya adalah murid SMP - SMA. Itu tidak cocok.

-----oOo-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar