Senin, 02 November 2015

GADO-GADO Cerita Hidup Bersama Pak Tinus - edisi 02 Nopember 2015

Bersama : Pak Tinus
(Praktisi Psikologi Industri, Anggota Himpunan Psikologi Indonesia, Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi)

TEKAD YANG KUAT. Ungkapan ini perlu ditunjukkan oleh para pelamar kerja pada saat melamar kerja. Tentu saja, tidak berarti bahwa apabila nantinya sudah diterima kerja, tidak perlu menunjukkan tekad yang kuat lagi. 

Ungkapan tekad kuat ini menyangkut aspek psikis dan juga aspek fisik. Maksudnya, perusahaan akan memilih dan menerima / mempekerjakan pelamar yang menunjukkan usaha keras untuk menjalankan pekerjaan / mencapai tujuan, bukqn hanya dalam hal kemauan tetapi juga kemampuan ( termasuk di dalamnya kemampuan secara fisik, misalnya selalu sehat sehingga dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaannya).

"Bagaimana kalau ada pelamar kerja yang cerdan atau pandai, tetapi tidak menunjukkan adanya tekad kuat ?" tanya Slontrot.

"Perusahaan akan memilih pelamar lain untuk diterima sebagai karyawan," jawab saya.

"Meskipun kepandaiannya kalau ?" 

"Ya, meskipun kepandaiannya kalah. Sebab kalau tekadnya tidak kuat, percuma saja menerima pelamar yang pandai, karena dia akan mudah menyerah," jawab saya.


-----oOo-----
Penulis: 
Ir. Constantinus, M.M.


Pak Tinus sudah bekerja menjadi salesman sejak umur 19 tahun. 
Sejak tahun 2002 menjadi Praktisi Human Resources. Anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar